RUMAH ZAKAT GERAK BANTU KORBAN KEBAKARAN DAN KEKERINGAN KAB. BIMA

BIMA, Sabtu (26/10) – Kebakaran yang terjadi pada hari kamis 25 oktober 2019 menyisakan kesedihan mendalam bagi 15 kepala keluarga di Desa Ntonggu, Kec. Palibelo, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat, mengundang perhatian banyak pihak. Dengan gerak cepat, Rumah Zakat melalui Forum Desa Berdaya Kab. Bima langsung bergerak untuk memberikan bantuan.

Samsudin, selaku tim Rumah Zakat di Kab. Bima melakukan assesment dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait guna membangun kolaborasi dalam penanganan dan penyaluran bantuan sesuai kebutuhan yang mendesak.

“Setelah koordinasi dengan pihak terkait, termasuk dengan para korban, “kebutuhan yang paling mendesak adalah air bersih dan penampungan air”, ujar Sam, sapaan karib relawan pemberdaya ini.

Fasilitator Desa Berdaya langsung bergerak dan berkoordinasi dengan penjual tandon untuk mempertanyakan harga tandon dan akhirnya tandon 2 buah yang ukuran 650 L diperoleh. Di saatnya yang bersama Fasilitator melakukan distribusi air bersih ke korban kebakaran 1 tangki 5000 L dan 2 tangki untuk di distrubusikan ke Desa Teke 1 tangki sehingga total pendistribusian air bersih berjumlah 10 ribu liter.

Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat berkolaborasi dengan BPBD Kab. Bima, untuk sama-sama bergerak membantu masyarakat yang mengalami kekeringan. Pada saat mewancarai panitia salah satu korban kebakaran menyampaikan ucapan, “Terima kasih kepada Bapak Ibu Donatur dan Rumah Zakat yang sudah mau berbagi kebahagian untuk kami yang terdampak kekeringan dan Kebakaran.”

Newsroom

Izzatul Yazid / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi