RUMAH ZAKAT LUNCURKAN PROGRAM DESA BERDAYA

RUMAH ZAKAT LUNCURKAN PROGRAM DESA BERDAYASUMBAWA. Rabu, (17/05) Rumah Zakat resmi menjadikan Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes sebagai sasaran program desa berdaya. Program tersebut secara resmi launching di kantor Desa Jorok oleh Wakil Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dr. H. Muhammad Ikhsan. Selain peresmian program Desa Berdaya, relawan inspirasi Rumah Zakat pun memberikan bantuan modal usaha bagi warga. Bantuan diserahkan langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra atas nama Wakil Bupati Sumbawa, didampingi Relawan Inspirasi Rumah Zakat. Hadir pula Kepala Desa Jorok, Abdullah AR, mantan Kepala Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumbawa dua periode yang kini menjabat ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, S.Ag dan tamu undangan lainnya.

Program Desa Berdaya dengan tema “Dari Desa Membangun Negeri” merupakan salah satu bentuk kepedulian Rumah Zakat terhadap pembangunan di pedesaan dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat pemberdayaan masyarakat yang tinggal dan menetap di desa. Desa Jorok merupakan desa pertama yang menjadi sasaran program Desa Berdaya Rumah Zakat di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Program Desa Berdaya merupakan aktualisasi dari program Rumah Zakat yang bergerak dalam empat rumpun senyum. Yaitu senyum mandiri (bidang ekonomi), senyum juara (bidang pendidikan), senyum sehat (bidang kesehatan) dan senyum lestari (bidang lingkungan).” Jelas Repi.

 

Dengan adanya program Desa Berdaya, Repi berharap dapat membantu Desa Jorok melalui program pemberdayaan yang digulirkan oleh Rumah Zakat. Repi menargetkan Desa Jorok bisa menjadi desa percontohan untuk desa-desa lainnya dalam hal pertumbuhan dan perkembangan di bidang pemberdayaan. Namun, untuk mewujudkan hal itu Repi mengaku tidak akan bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu, dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan, khususnya dari Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Program Desa Berdaya tersebut mendapat respon positif dari pemeirntah daerah. Mewakili pemerintah daerah, Dr. H. Muhammad Ikhsan memastikan akan mendukung penuh program ini. Pemda Sumbawa bahkan berkomitmen membantu menyukseskan program. “Program yang diluncurkan oleh Rumah Zakat ini sangat membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan visi misinya untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa. Ini adalah salah satu program unggulan dari lembaga non pemerintah yang patut dicontoh. Kami siap mendukung dan membantu program tersebut,” Ujar M. Ikhsan.

Sementara itu Kepala Desa Jorok, Abdullah AR menyampaikan terimakasih kepada Rumah Zakat yang telah menjadikan desanya sebagai sasaran program. Dia sangat berharap dengan adanya Program Desa Berdaya akan semakin membantu masyarakatnya, terutama dalam mendapatkan berbagai program pemberdayaan.

“Saya mewakili Desa Jorok mengucapkan terimakasih kepada Rumah Zakat yang telah menjadikan desa kami sebagai sasaran program, bahkan sebagai desa pertama di NTB. Semoga ini bermanfaat bagi masyarkat kami,” ungkap Abdullah.

Newsroom/Repi S

Sumbawa

Tags :
Konfirmasi Donasi