RUMAH ZAKAT PERINGATI HARI KARTINI DAN HARI BUMI

YOGYAKARTA. Dalam rangkaian semarak hari Kartini (21 April ) dan peringatan hari Bumi pada tanggal 22 April, Rumah Zakat cabang Yogyakarta bekerjasama dengan LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa) Dusun Kauman, Tamanan, Banguntapan mengadakan Launching Program Mawar Asri dalam bahasa jawa “Makaryoning Warga Agawe Saras Resik lan Indah” ( Kegiatan Berbasis Masyarakat Untuk Mewujudkan Lingkungan yang Sehat, Bersih dan Indah).

Launching ini diawali dengan Greget Shodaqoh Sampah yaitu kerja bakti dusun dan panen sampah oleh masyarakat wilayah Dusun Kauman Tamanan Banguntapan Bantul. Dilanjutkan dengan serah terima sarana prasarana kelola sampah dan kebun dusun, motivasi kesehatan serta inisiasi posyandu lansia dengan melaksanakan pemeriksaan kesehatan lansia. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Minggu, 22 April 2012 pukul 07.00 WIB – 09.00 WIB bertempat di lapangan rumah Bapak Dukuh RT 2 Kauman Tamanan Banguntapan Bantul. Dihadiri oleh Camat Banguntapan Bantul, Lurah Tamanan, Kepala Dukuh Kauman, ketua LPMD dan perwakilan kepala Bappeda Kabupaten Bantul.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya kesehatan lingkungan yang tercantum dalam point indikator dalam PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah Kesehatan lingkungan terkait pengelolaan sampah. Kebanyakan masyarakat menganggap sampah adalah kotor dan tidak bermanfaat. Hanya sebagai sumber penyakit. Perspektif “yang penting bersih ditempat sendiri” tanpa memperhatikan dampak dilingkungan sekitar hendaknya mulai diubah.

Dengan menerapkan konsep pengelolaan sampah berbasis masyarakat dengan shodaqoh sampah diharapkan dapat menjadi solusi dalam penanganan sampah yang ada di lingkungan, selain itu dengan penerapan program shodaqoh sampah ini meningkatkan peran serta dan kemandirian masyarakat.***

Newsroom/Ratna Kusumaningsih

Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi