RUMAH ZAKAT SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN BANJIR SEI LEPAN

SUMUT. Bencana banjir telah melanda Kecamatan Sei Lepan, Langkat, Sumatera Utara pada Selasa, (23/05) pukul 00.30 WIB. Banjir terjadi akibat curah hujan tinggi, sehingga debit air sungai meningkat dan tanggul sungai jebol sepanjang 15 meter dengan lebar tanggul 4 meter di desa Lama Baru.

Sebanyak 457 KK (Kepala Keluarga) terdampak di empat wilayah, yaitu Desa Lama Baru sebanyak 156 unit rumah terdampak dengan jumlah jiwa 498 orang dan ketinggian akr di wilayah ini mencapai 80-100 cm.

Desa Lama sebanyak 155 unit rumah terdampak, ketinggian air mencapai 50-80 cm hingga  merendam lahan pertanian seluas 120 Ha. Desa Harapan baru, sebanyak 98 unit rumah terdampak dengan jumlah jiwa 295 orang, ketinggian air mencapai 50-100 cm dan merendam lahan pertanian seluas 4 Ha. Dan Kelurahan Harapan Jaya, sebanyak 48 unit rumah terdampak dengan ketinggian air mencapai 30-80 cm dan merendam lahan pertanian seluas 4 Ha.

Akses jalan menuju lokasi bencana masih tertutup lumpur. Tidak ada tenda pengungsian dikarena warga yg terdampak mengungsi ke rumah sanak saudara ataupun tetangga yang tidak terdampak banjir.

Rabu, (24/05) pukul 14.30 WIB, Rumah Zakat menerjunkan 4 orang relawan menuju lokasi bencana untuk melakukan assesment sekaligus penyaluran bantuan. Bantuan yang disalurkan berupa sembako, beras 65 kg, gula pasir 10 kg, air mineral 5 dus, minyak goreng 48 kg, biskuit 25 bungkus, pembalut wanita dan popok bayi. Seluruh bantuan diserahkan langsung kepada camat Sel lepan, yaitu Faisal Rizal Matondang. Kebutuhan mendesak yang masih diperlukan warga berupa sembako dan air bersih

“Saya mewakili warga Sei Lepan, Langkat, Sumatera Utara mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Rumah Zakat. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk kami,” ungkap Faisal.

Newsroom/Dian Ekawati

Sumut

Tags :
Konfirmasi Donasi