RUMAH ZAKAT SALURKAN BANTUAN UNTUK KORBAN KEBAKARAN DI PATEHAN

YOGYAKARTA. Rumah Zakat Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Patehan Rabu pagi (13/09). kebakaran ini meluluh lantahkan sejumlah bagunan rumah di Jalan Ngadisuryan No. 25. Patehan Lor, Kraton, Yogyakarta.

Menurut Edy Dwi Daryapto, Fasilitator Rumah Zakat untuk Desa Patehan, api bermula dari bensin yang tersambar api tambal ban dari salah seorang rumah warga, Bapak Parni. karena material pemicu kebakaran adalah zat yang mudah terbakar maka api begitu cepat melahap rumah – rumah tersebut sehingga tak bersisa.

“Rumah dengan cepat habis dilalap api, kebakaran terjadi berawal dari bensin yang tersambar api tambal ban. Warga cepat berdatangan, di antara kepanikan, mereka bahu membahu memadamkan api dengan alat seadanya” Tuturnya.

Sesaat kemudian 5 truk pemadam kebakaran datang api pun bisa diatasi, sementara itu Bapak Parni yang terkena luka bakar segera dilarikan ke rumah sakit sedangkan keluarga yang lain segera diungsikan ke rumah tetangga yang tak jauh dari lokasi kejadian

Warga sekitar bergerak bergotong royong memberi dukungan moril dan bantuan.
sementara itu Edy, Fasilitator Rumah Zakat segera berkoordinasi dengan warga sekitar dan Ketua RW 4 Patehan serta menyalurkan bantuan untuk para korban.

“Bantuan berupa kornet superqurban, mukena, pakaian, dan sejumlah uang langsung diberikan kepada keluarga korban pagi itu juga” tutur Edy.

Tercatat 19 orang dari 4 keluarga menjadi korban kebakaran ini. Edy juga menyampaikan bahwa Pos Darurat Tanggap Bencana telah ditetapkan di Jl. Ngadisuryan No. 19 sebagai tempat pengungsian sementara, pos penerimaan bantuan, dan koordinasi.

“Saat ini kami sedang mengumpulkan informasi kebutuhan yang masih diperlukan oleh para korban. Butuh peran banyak pihak untuk berjalan ke depan. Mari bergerak, singsingkan baju, tumbuhkan kepedulian ringankan beban sesama” Tutup Edy Dwi Daryapto.

Newsroom/ Lailatul Istikhomah
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi