RUMAH ZAKAT SOLO RESMIKAN TAMAN AQUAPONIK DI MOJOSONGO

RUMAH ZAKAT SOLO RESMIKAN TAMAN AQUAPONIK DI MOJOSONGO MOJOSONGO. Ahad, (16/04) Rumah Zakat Solo meresmikan taman aquaponik di Mojoasri RW 31 Kelurahan, Mojosongo Kecamatan Jebres. Dalam acara tersebut dihadiri oleh ratusan warga dan ketua RT RW setempat. Rangkaian acara tersebut dimulai dengan senam lansia, cek kesehatan, penyuluhan kesehatan, pembagian doorprize dan menikmati hidangan dari hasil taman aquaponik.

Taman aquaponik mulai diinisiasi oleh Rumah Zakat beserta pengurus RW 31 pada awal Januari 2017, kemudian diresmikan pada Ahad, (16/04) oleh Rumah Zakat. Sejak dibuatnya taman aquaponik yang pertama, warga terlihat antusias terbukti dalam kurun waktu satu setengah bulan warga sudah dapat memanen sayuran dari taman aquaponik. Kemudian di bulan keempat, warga memanen ikan.

Aquaponik adalah sebuah sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik. Dalam akuakultur yang normal, ekskresi dari hewan yang dipelihara akan terakumulasi di air dan meningkatkan toksisitas air jika tidak dibuang. Pada akuaponik ini sendiri, ekskresi hewan akan diberikan kepada tanaman sehingga bisa dipecah menjadi nitrat dan nitrit dengan melalui proses alami, serta dimanfaatkan oleh tanaman sebagai suatu bentuk nutrisi. Nantinya, air akan bersirkulasi kembali pada sistem akuakultur. Aquaponik ini sendiri memiliki 2 macam komponen penting yaitu Bagian hidroponik (tanaman tumbuh) dan bagian akuakultur (ikan dipelihara).

Manfaat yang warga dapatkan dengan mengembangkan aquaponik ini salah satunya warga mendapatkan hasil produk yang lebih maksimal, yaitu berupa sayuran yang ditanam secara hidroponik dan mendapatkan ikan yang dikembangkan secara akuakultur. Produk yang dihasilkan dari aquaponik pun bersifat organic, tanpa pestisida atau bahan-bahan berbahaya lainnya.

“Kami sangat berterimakasih sekali kepada Rumah Zakat atas support dan bantuannya sehingga kami warga Mojoasri RW 31 dapat memiliki taman aquaponik yang begitu luar biasa ini, sehingga warga kami dapat mengkonsumsi sayuran yang sehat secara organik. Kami berharap program ini akan terus berlanjut” Ujar Pamuji selaku ketua RW 31 Mojoasri Mojosongo.

Newsroom/Dian Ekawati

Mojosongo

Tags :
Konfirmasi Donasi