RZ BERSAMA MASYARAKAT BANDAR LAMPUNG KELOLA BANK SAMPAH

RZ LDKO CilegonBANDAR LAMPUNG. Jumat (13/06). Program unggulan RZ yang terus berjalan hingga kini adalah salam berseri, masyarakat lampung bersih, sehat dan asri. Program ini baru dilaksanakan di tiga wilayah, yaitu Karamat (wilayah Sukaraja), Jatibaru (Sukaraja), dan Ikan Julung (Teluk Betung Selatan).

Branch Manager RZ Yanyan Budiman mengatakan program ini bertujuan menyadarkan masyarakat peduli terhadap kebersihan. setiap masyarakat yang sudah bergabung dengan kelompok bank sampah Salam Berseri. diajak untuk memilah sampah organik, nonorganik dan sampah residu atau beracun.

Dengan pemisahan sampah ini memudahkan dalam pengelolaan sampah di bank sampah Salam Berseri. Menurut Yanyan, sampah organik dan nonorganik diolah oleh tim Salam Berseri, sedangkan sampah residu dibuang ke tempat pembuangan sampah (TPS).

Sampah organik dimasukan ke dalam tong komposer yang sudah disiapkan oleh anggota Salam Berseri. Sedangkan sampah kering ditampung dan disetor sebulan sekali ke pengurus Bank Sampah.

“Program ini untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan. Pemahaman ini tidak hanya ditanamkan kepada kepala keluarga yang sudah bergabung, tapi juga dilakukan penyuluhan kepada anak-anak,” Kata Yanyan.

Hasil pengolahan sampah ini dijual untuk menambahkan kebutuhan setiap anggota Salam Berseri. Sampah-sampah yang sudah diolah menjadi pupuk organuik cair, kompos dan biogas dijual dengan harga pasaran. Sedangkan sampah nonorganik berupa plastik, kaleng dan lain sebagainya diolah menjadi kerajinan tangan yang juga punya nilai jual.

“Kami juga mengajarkan para warga binaan membuat pori-pori dilingkungan masing-masing untuk memperbaiki untuk hara tanah dan menjaga ketersediaan air tanah,” tutur Yanyan.

Program lingkungan lain adalah mengajarkan masyarakat menanam pohon dilingkungan sekitar. Penanaman pohon ini untuk memperbaiki kualitas udara dan menjaga keasrian lingkungan. “Jenis pohonnnya memiliki nilai gizi dan nilai ekonomis yang bisa membantu mewujudkan kemandirian lingkungan,”

Lebih lanjut, kata Yanyan, keluarga binaan Salam Berseri mendapatkan beberapa keuntungan dari RZ Bandar Lampung, antara lain pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan ambulans gratis, pelayanan kesehatan ibu dan anak, dan pinjaman modal usaha.

Setiap kepala keluarga yang sudah bergabung dalam program ini diberi kartu tanda keanggotaan berupa M Card,” ujarnya.

Dengan tujuan secara umum program Salam Berseri, yaitu menyadarkan masyarakat yang peduli lingkungan mulai dari anak-anak, memberikan pembekalan dan juga pemahaman tentang pengelolaan lingkungan, serta menciptakan generasi muda sadar kebersihan dan kesehatan dilingkungan.

Sumber : Lampung Post

Tags :
Konfirmasi Donasi