RZ DIRIKAN POSKO DI LOKASI PENGUNGSIAN LONGSOR

RZ Banjarnegara Pemeriksaan kesehatanBANJARNEGARA. RZ (Rumah Zakat) dirikan posko kesehatan di lokasi pengungsian longsor Banjarnegara. Posko didirikan di TPQ Darussalam, Dukuh Alian, Desa Ambal, Kec. Karangkobar, Kab. Banjarnegara. Posko tersebut didirikan untuk melayani kesehatan, trauma healing, dan pemenuhan logistik bagi warga yang terkena dampak longsor. Sebanyak 20 relawan dan 3 ambulans diturunkan untuk membantu evakuasi warga yang masih tertimbun longsor.

Sehari setelah longsor terjadi, RZ menyalurkan bantuan logistik. Bantuan berupa 700 paket kornet Superqurban, 100 kg beras, 100 paket sarden, 160 paket susu kaleng, 60 helai selimut, 36 paket alat mandi, 14 dus air mineral, 6 sekop, 4 dus pakaian layak pakai, 1 dus diapers dan 1 dus mie instan.

“Relawan RZ masih melakukan koordinasi dengan BASARNAS dalam melakukan evakuasi. Hingga saat ini, telah ditemukan 41 jenasah, 23 orang luka berat dan sekitar 74 jiwa masih tertimbun longsor. Sedangkan pengungsi yang telah terdata sebanyak 1.692 yang tersebar di 10 lokasi pengungsian,” tutur Herlan Wilandariansyah, Koordinator Komite Relawan Nasional RZ, Senin (15/12).

Warga setempat masih memerlukan bantuan untuk evakuasi seperti alat berat, kantong jenazah, genset dan penerangan. Bantuan untuk bertahan hidup seperti makanan siap saji, pakaian, selimut, makanan bayi, layanan kesehatan dan obat-obatan, genset, penerangan, air bersih dan MCK, serta logistik dan dapur umum pun masih sangat dibutuhkan pengungsi.

“RZ menurunkan para relawan ke lokasi pengungsian secara bergantian untuk melakukan evakuasi dan berbagai agenda lain pasca bencana. Tim RZ tidak mungkin dapat melakukan segalanya seorang diri. Oleh sebab itu, sinergi yang dibangun dengan para relawan dari organisasi lain, masyarakat setempat dan para donatur sangat membatu tercapainya tujuan RZ dalam membantu para korban,” ujar Herlan.***

Newsroom/Sari A Rahmawati

Banjarnegara

Tags :
Konfirmasi Donasi