SAAT ANAK SERING MEMBANTAH

images (1)

Dalam kehidupan masyarakat tentu sering menemukan anak dengan sifat yang suka sekali membantah. Bukan saja orangtua yang kesal melihatnya, tapi orang-orang dewasa di sekitarnya juga merasakan hal sama.

Dikutip laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, memarahi maupun melakukan hukuman fisik bukan cara tepat dalam mengatasi sikap anak yang sering membantah. Hal semacam ini timbul karena sikap membantah pada anak sebenarnya masih dalam tahap wajar. Sebab, mereka masih berada pada proses pendewasaan secara fisik maupun emosionalnya.

Periset di Pusat Studi Pendidikan dan Kreativitas Anak, Risdianto Hermawan mengatakan, orangtua sesungguhnya hanya perlu memberikan kesempatan anak untuk mengungkapkan pendapatnya. Sebagai orangtua sebaiknya memberikan perhatian ketika anak mulai berbicara karena pada dasarnya mereka ingin mengungkapkan ide dan pikirannya. “Hindarilah membentak dan memaksa, berkatalah dengan tutur kata yang lembut, sehingga anak merasa diperhatikan,” ujar dia.

Orangtua juga sangat disarankan dalam memberikan alternatif pilihan. Hal ini karena anak yang sering membantah biasanya akan selalu ngotot dengan pilihannya. Untuk itu, mereka sesungguhnya hanya perlu diberikan pilihan yang tidak disukai anak karena biasanya jika diberi pilihan yang disukainya maka mereka akan tetap ngotot dengan pilihanya. Dengan demikian, anak akan memilih salah satu yang diarahkan oleh orangtua.

Selanjutnya, orangtua harus berupaya menjalin komunikasi yang baik. Dengan menjalin komunikasi yang baik, orangtua akan lebih dekat dengan anak. Komunikasi ini perlu dilakukan dengan intonasi lembut untuk mencari tahu sebenarnya apa yang menjadikan anak ngotot pada pendapatnya.

Keempat, Risdianto menyarankan orangtua untuk berkomunikasi dengan guru di sekolahnya. Anak biasanya cenderung lebih mendengarkan apa yang dikatakan guru dibandingkan orangtuanya. Untuk itu, orangtua perlu meminta guru untuk menyinggung materi tentang perilaku tidak baik kepada orangtua dan memberi nasihat kepada anak.

 

Sumber: Republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi