SAAT SAKIT GIGI MENJADI-JADI DI MALAM HARI

Sakit gigi bisa sangat menyiksa jiwa dan raga. Pernah merasakannya? Selain nyeri yang bikin daerah gigi yang sakit terasa nyut-nyutan banget, orang yang sakit gigi juga bisa mengalami nyeri sampai rahang, bengkak, sakit kepala, hingga demam.

Sakit gigi yang dirasakan bisa semakin menjadi-jadi alias memburuk bila malam hari tiba, Itu terjadi karena saat dalam posisi berbaring horizontal, darah akan mengalir lebih cepat ke bagian kepala dan memberikan tekanan yang lebih pada gigi yang sedang sensitif. Saat kepala ada di posisi yang lebih rendah dari tubuh, di bagian yang lebih rendah itulah yang akan lebih terasa sakitnya.

Sebab lainnya adalah karena di siang hari, kita sibuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya, sehingga pikiran kita teralihkan dari rasa sakit yang muncul. Berbeda dengan di malam hari dimana kita nggak lagi mikirin atau mengerjakan apapun, rasa sakit yang ada bisa lebih terasa.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat sakit gigi terasa sangat menyiksa di malam hari.

1. Sebelum tidur, berkumurlah dengan obat kumur antiseptik atau larutan garam. Langkah ini bisa mengurangi jumlah bakteri yang ada di gigi yang menyebabkan muncul rasa sakit.

2. Sisa makanan yang menumpuk di sela-sela gigi juga bisa bikin sakit gigi memburuk. Biasakan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh, bisa juga ditambah dengan langkah membersihkan gigi hingga ke sela-sela dengan benang gigi.

3. Kompres bagian luar dari gigi yang terasa sangat menyakitkan tersebut dengan ice pack atau es batu yang dibungkus dengan handuk atau handuk yang sebelumnya telah direndam ke air dingin.

4. Cengkeh juga bisa membantu meringankan rasa nyeri pada gigi. Bisa dengan meneteskan minyak cengkeh pada bagian gigi yang terasa sakit atau meneteskannya pada bulatan kapas dan menggigitnya pada bagian gigi yang terasa sakit.

5. Naikkan posisi kepala dengan menambahkan 2-3 bantal.

6. Kalau sakit gigi yang kamu derita disebabkan gigi yang bengkak, coba campur garam dan baking soda dalan jumlah yang sama. Basahi bulatan kapas dengan air, lalu celupkan bulatan kapas tersebut ke campuran garam dan baking soda. Letakkan bulatan kapas tersebut tidak langsung ke gigi yang sakit, tetapi di antara pipi dan gigi. Biarkan semalaman, cara ini bisa meringankan rasa sakit yang muncul.

7. Bila sakit yang dirasakan tidak hilang juga bisa meminum obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol untuk meredakan nyeri dan bila nggak hilang juga hingga berhari-hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Sumber: annida-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi