SAHUR HANYA MINUM AIR BOLEHKAH?

Terkadang makan sahur itu bawaannya malas. Jadi, sahurnya hanya minum air putih saja. Apakah itu diperbolehkan?

Jawab:

SAHUR memiliki banyak keutamaan. Karena itulah, Rasulullah SAW sangat menekankan kepada umatnya untuk melakukan sahur, sekalipun dengan hal yang paling ringan, yaitu minum air.

Dari Abu Said al-Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda, “Makan sahur itu berkah, karena itu, janganlah kalian tinggalkan, meskipun hanya dengan minum seteguk air,” (HR. Ahmad 11086 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Orang yang minum ketika sahur, dia mendapatkan keberkahan sahur. Meski begitu, yang lebih baik, sahur dengan makanan. Rasulullah bersabda, “Meskipun hanya dengan minum seteguk air” artinya minum air ketika sahur menjadi pilihan ketika tidak dijumpai makanan atau tidak selera dengan makanan.

Imam Ibnu Utsaimin ditanya, apakah sahur boleh hanya dengan minum air? Jawaban beliau,

“Nampaknya ini bisa dianggap sahur, namun jika tidak ada makanan. Berdasarkan hadis, ‘Apabila kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma basah. Jika tidak ada, berbukalah dengan kurma kering. Jika tidak ada, minumlah beberapa teguk air.’ Jika seseorang tidak memiliki makanan, atau dia punya makanan namun tidak selera, kemudian dia hanya minum air, saya berharap ini sudah termasuk mengamalkan sunah,” (Fatawa Nur ’ala ad-Darb) Wallahu ‘alam.

Dikutip dari: Ustadz Ammi Nur Baits, Dewan Pembina Konsultasisyariah.com

Sumber: Islampos.com

Tags :
Konfirmasi Donasi