SAMBUT GERHANA MATAHARI TOTAL, ANAK JUARA PRAKTIKKAN SHALAT GERHANA

SAMBUT GERHANA MATAHARI TOTAL, ANAK JUARA PRAKTIKKAN SHALAT GERHANABANDAR LAMPUNG. Fenomena langka akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016 nanti, yakni gerhana matahari total. Fenomena langka tersebut hanya akan dapat disaksikan di Indonesia, oleh karena itu hal tersebut akan menjadi fenomena istinewa tersendiri bagi Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, butuh waktu 350 tahun untuk dapat melihat gerhana matahari total di tempat yang sama. Itu artinya, kesempatan menyaksikan fenomena ini di Indonesia hanya terjadi sekali seumur hidup. Namun hanya 11 provinsi yang dilintasi gerhana matahari total. Ke-11 provinsi tersebut adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Dalam hal ini, 15 anak Juara penerima Beasiswa Ceria RZ wilayah Pembinaan Panjang Bandar Lampung pun berupaya untuk mempersiapkan diri untuk menyambut fenomena alam tersebut dengan belajar shalat Kusuuf atau yang biasa disebut dengah shalat Gerhana Matahari pada hari Ahad (06/03) kemarin.

Kegiatan tersebut berlangsung di Panjang, salah satu wilayah pembinaan, tepatnya di Jl. Selat Malaka II Panjang, Bandar Lampung. “Kegiatan ini dimulai pukul 05.30 pagi, diawali dengan senam bersama, kemudian mengaji, cek mutaba’ah, dan kemudian praktik shalat Kusuuf. Dalam kegiatan pembelajaran itu, anak-anak diajarkan dan praktik bagaimana mengerjakan shalat Kusuuf. Selain praktik shalat Kusuuf, anak-anak juga diajarkan tentang hikmah terjadinya fenomena alam langka tersebut. Anak-anak mengikutinya dengan antusias dan penuh rasa ingin tahu,” papar Ezza, sebagai Scholarship Program Management Officer (SPMO).

 

Newsroom/Ezza

Bandar Lampung

Tags :
Konfirmasi Donasi