SD JUARA CILEGON GELAR OUTING CLASS DI MUSEUM DAN ISTANA SUROSOWAN

RZ LDKO CilegonCILEGON. Untuk memperluas pengetahuan dan mendidik para siswa tentang sejarah Banten, SD Juara Cilegon adakan Outing Class di Museum Banten dan Istana Surosowan. Selasa (17/2).

Di Museum yang penuh dengan nilai-nilai perjuangan para pahlawan Banten dalam melawan para penjajah ini, siswa-siswi dipandu oleh petugas khusus yang menerangkan secara rinci setiap peninggalan bersejarah seperti Mata Uang Reyal Banten, Meriam, Pintu serta Keramik Kerajaan dan lain sebagainya yang saat ini masih diabadikan di museum tersebut.

Usai dari Museum, para siswa SD Juara Cilegon diantar melihat langsung peninggalan kejayaan Kesultanan Banten, Istana Surosowan yang letaknya sekitar 500 meter dari museum Banten.

Pemandu dari Kesultanan Banten, Selamet, menceritakan bahwa Istana Surosowan dibangun pada tahun 1526 dibawah pimpinan Sultan Maulana Hasanuddin Banten dan Pangeran Fatahillah setelah berhasil mengalahkan Kerajaan Pajajaran dan merebut ibukota mereka, Banten Girang.

Selamet menambahkan, bahwa Putra Sultan Maulana Hasanuddin dan Sultan Maulana Yusuf memperkuat benteng tersebut dengan batu karang dan batu merah. Disekeliling benteng dibangun parit-parit yang konon dulunya bisa dilayari perahu-perahu kecil hingga sampai ke laut Jawa.

“Para siswa dapat melihat Istana yang berbentuk segiempat seluas 3 hektar itu nyaris rata dengan tanah, sulit sekali membayangkan seperti apa bentuk Istana Surosowan tersebut berdiri sebelum akhirnya dihancurkan oleh Pemerintah Belanda dibawah pimpinan Daendels pada bulan November 1808. Peperangan itu timbul karena kasultanan Banten menolak mengerahkan rakyatnya untuk kerja paksa dalam pembuatan jalan Anyer – Panarukan,” jelas Ungkap Susanto, Kepala Sekolah SD Juara Cilegon.***

Newsroom/Diki Taufik
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi