SEBERAPA KOTOR MEJA KERJA DI KANTOR?

Kebersihan meja kantor ternyata berpengaruh terhadap kuman yang menempel pada banyak benda. Dilansir melaluiĀ Digital News Asia, meja kantor ternyata mengandung 400 kali lebih banyak kuman dibandingkan toilet duduk. Hal tersebut menandakan para pekerja kantor berisiko terkena penyakit akibat meja kantor yang kotor.

Penelitian dari Universitas Arizona tersebut menemukan bahwa manusia merupakan sumber bakteri paling umum. Pria memiliki tiga hingga empat kali jumlah bakteri lebih banyak dibandingkan wanita. Bakteri tersebut berada di sekitar meja kantor, ponsel, komputer, papan ketik, hingga laci.

Teori laki-laki lebih banyak pembawa kuman karena gaya hidup mereka. Pria lebih sering menyimpan barang-barang pribadi di kantor dan memiliki tingkat perawatan yang rendah.

Seorang ahli mikrobiologi menyebutkan, kantor merupakan lingkungan binaan atau yang seharusnya dirawat. Diperkirakan mikro flora yang dibangun lingkungan, seperti bakteri, jamur, virus, dan mikroba jauh lebih bervariasi.

Geografi di sekitar kantor juga memengaruhi. Misalnya, tidak mungkin membedakan campuran mikroba antara kantor di San Fransisco atau New York.

Namun bakteri di Tucson, Arizona, bisa jadi berbeda karena memiliki suhu lingkungan lebih tinggi akibat pengaruh gurun yang mengelilinginya. Namun demikian mikroba di dua kantor berbeda cenderung lebih mirip apabila dibandingkan dengan yang ada di dapur.

Penelitian juga menyebutkan, flora mikroba pada ponsel juga rentan masuk ke dalam mulut atau telinga. Kuman dan bakteri pada ponsel 10 kali lebih besar dibandingkan toilet duduk. Namun ponsel dengan layar sentuh disinyalir memiliki tingkat kontaminasi kuman lebih rendah.

Hal mengejutkan juga ditemukan Public Health England bahwa cangkir kopi harus dibersihkan dengan benar. Penelitian menunjukkan, 90 persen mug atau cangkir kopi di dapur kantor dilapisi kuman. Kemudian 20 persen di antaranya membawa kotoran. Akan lebih baik apabila seorang pegawai bisa membawa cangkir kopinya sendiri. Itu sebabnya sangat penting menjaga barang-barang di kantor tetap bersih.

sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi