[:ID]SEMBAKO UNTUK PEDAGANG KECIL TERDAMPAK COVID-19[:]

[:ID]

Rumah Zakat berikan bantuan sembako kepada Pak Zaka pedagang awug, Senin 30 Maret 2020. (Foto: Rumah Zakat)

BANDUNG, Rumah Zakat – Negara dihampir seluruh dunia saat ini sedang mengalami peperangan dengan Virus Covid-19. Salah satunya negara kita Indonesia yang juga ikut terdampak. Tak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga berdampak terhadap perekonomian, khususnya ekonomi para pedagang kecil dan pekerja serabutan harian.

Para pedagang kecil/pekerja serabutan harian saat ini paling merasakan dampak dari wabah Covid-19 ini. Seperti pedagang jualan bakso, driver ojol, tukang gorengan, tukang cilok, tukang parkir, petugas kebersihan dan lainnya, yang tak hanya rentan dari sisi ekonomi, namun juga rentan dari sisi kesehatan. Jangankan memikirkan untuk membeli handsanitazer atau social distancing, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saja mereka masih sangat kesulitan.

Salah duanya adalah Bapak Jaka (48 tahun) Penjual Awug dan Bapak Endang Tarya (63 tahun) Penjual Somay. Saat ini kebutuhan sehari-hari mereka sangat bergantung pada hasil berjualan. Akibat dampak wabah virus corona ini, kini jualan mereka sepi pembeli.

“Sekarang berjualan gak seperti dulu sebelum ada virus corona. Sekarang jualan agak sepi. Di jalannya juga agak kurang, pembeli juga kurang,” kata pak Jaka saat ditemui di kediaman milik mertuanya di Kelurahan Babakan Sari, Kota Bandung, Senin 30 Maret 2020.

(Foto: Rumah Zakat)

Hal senada juga diungkapkan Bapak Endang Tarya penjual somay yang tak tahu harus berbuat apa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena saat ini dagangnya sepi pembeli. Saat dijumpai, gerobak somaynya pun tersimpan rapih di depan rumah yang menandakan tidak ada aktifitas berjualan pada hari ini.

Oleh karena itu alangkah tersentuh sekali mereka saat tim dari Rumah Zakat memberikan bantuan sembako dari hasil donasi sahabat.

“Diberi sumbangan oleh Rumah Zakat saya banyak-banyak berterima kasih,” Ucap pak Endang.

Bagaimanapun dampak dari Covid-19 adalah masalah yang harus  dihadapi bersama – sama. Wabah ini bukan saja berdampak pada kesehatan, tapi juga ekonomi masyarakat.

Oleh sebab itu, Rumah Zakat mengajak seluruh masyakarat untuk bergerak bersama, tolong menolong untuk membelikan sembako kepada mereka agar bisa tetap bertahan di tengah krisis ini.

Newsroom

Lailatul Isikhomah/Amri Rusdiana[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia