SEPULUH WASIAT ALLAH

pertobatan-yang-sungguh-sungguh-dan-disertai-penyesalan-pasti-diterima-allah-swt-_140807133455-854Dalam Islam terdapat sepuluh wasiat atau perintah Allah SWT yang termaktub dalam Al Qur’an. Salah satu yang menarik dari wasiat-wasiat Allah SWT itu adalah tidak adanya wasiat yang menyangkut masalah makanan dan minuman.

Hal itu menunjukkan bahwa menghindari dari kebejatan moral terhadap Allah dan terhadap manusia jauh lebih penting daripada hanya sibuk berdiskusi berkepanjangan menyangkut masalah hukum halal dan haram. Selain itu, mengamalkan halal atau mengindari yang haram harus juga dilandasi oleh kepercayaan kepada Allah dan membuahkan penghormatan kepada hak-hak asasi manusia.

Seperti yang dikutip dari “Kumpulan 101 Kultum tentang Islam” karya salah satu Ahli Tafsir Indonesia, M Quraish Shihab, berikut kesepuluh wasiat Allah yang ditemukan dalam QS Al-An’am: 151-154.

Pertama, janganlah mempersekutukan dengan Allah.
Kedua, berbaktilah kepada ibu-bapak
Ketiga, janganlah membunuh anak-anak kamu karena kemiskinan.
Keempat, jangan mendekati perbuatan-perbuatan keji yang tampak dan tersembunyi.
Kelima, jangan membunuh, kecuali dengan dasar yang dibenarkan Allah.
Keenam, jangan dekati anak yatim, kecuali dengan cara yang terbaik.
Ketujuh, sempurnakan takaran dan timbangan dengan adil
Kedelapan, berlaku adillah bila berucap kendati merugikan kerabat.
Kesembilan, penuhilah janji-janji.
Kesepuluh, Ikuti jalan Allah yang lebar dan lurus, bukan jalan-jalan lain, karena itu mencerai-beraikan.

Sungguh menakjubkan wasiat-wasiat Allah yang termaktub dalam Alquran tersebut. Namun, sungguh mengherankan kesepuluh wasiat ini ternyata belum populer di kalangan Umat Islam. Kemudian, yang lebih mengherankan lagi adalah sedikitnya Umat Islam saat ini yang memberikan perhatiannya terhadap wasiat terakhir dalam kesepuluh wasiat itu, yaitu menghindari dari aneka perpecahan.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi