SERING KITA KONSUMSI, 5 MAKANAN INI TERNYATA BIKIN STRES

donat-ilustrasi-_120416164932-625Apakah Anda merasa stres? Selidiki makanan-makanan yang meningkatkan stres tersebut. Stres lebih dari sekadar perasaan tertekan secara emosional, mental, atau fisik. Ini adalah penyakit yang perlu dihindari.

Makanan tertentu bisa membantu melawan stres, sementara beberapa lainnya justru memperburuk stres. Berikut adalah lima jenis makanan yang justru memicu stres, dilansir dari Womanitely.

1. Roti putih dan kue
Roti putih dan sebagian besar kue mengandung tepung terigu, gula, sodium, dan zat aditif yang bisa membahayakan kesehatan mental dan fisik. Makanan yang mengandung tepung mepengaruhi sistem pencernaan sehingga menambah stres tubuh.

Beralihlah ke versi bebas gluten (gluten free) untuk menghindari stres tambahan. Jika Anda ingin memanggang kue, pertimbangkan menggunakan tepung kelapa atau tepung almond meski belum begitu populer saat ini.

2. Makanan manis
Es krim, susu coklat, donat, dan makanan manis lainnya bisa memuaskan hasrat Anda dan meningkatkan suasana hati, namun semuanya hanya sesaat. Ketika Anda stres, hormon kortisol meningkat signifikan dan membahayakan kesehatan.

Meski tubuh Anda memiliki mekanisme perbaikan diri secara alami yang memperlambat proses penuaan, stres akan menghentikan semua fungsi tersebut, sehingga sel-sel kanker lebih rentan tumbuh.

Ini pada akhirnya memicu penyakit serius, termasuk jantung, stroke, dan kanker. Jika Anda ingin makanan manis, cukup sepotong coklat hitam atau sedikit mentega kacang.

3. Teh, kopi, dan minuman berenergi
Teh, kopi, dan minuman berenergi (energy drink) perlu dihindari ketika stres. Minuman-minuman ini memang meningkatkan suasana hati dan energi dalam waktu singkat, namun mereka juga mengandung theobromine, kafein, dan neuro-simulator lainnya yang memicu stres.

Pilihlah minuman berupa air lemon hangat atau teh herbal tanpa gula. Ini akan membuat tubuh lebih tenang.


4. Makanan pedas

Jika Anda mudah tertekan, kemungkinan Anda bermasalah dengan pencernaan. Sistem pencernaan tak bisa bekerja dengan baik saat tubuh sedang stres. Stres memperlambat metabolisme sehingga membuat pencernaan makanan di perut semakin lama. Pada gilirannya, ini menyebabkan refluks asam. Makan makanan pedas membuat kondisi semakin buruk.

Kurangi stres dengan makan lebih banyak sayuran dan buah, seperti bayam, jeruk, pisang, alpukat, kale, dan brokoli. Semangkuk sup sayuran atau salad adalah pilihan sehat. Ini tidak menigkatkan stres juga tak menambah berat badan.

5. Makanan olahan
Makanan olahan adalah sumber terbesar lemak, sodium, dan zat aditif yang secara langsung meningkatkan hormon kortisol pemicu stres. Ketika Anda stres, hindari konsumsi makanan dalam kemasan.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi