SERUNYA BUSINESS DAY SD JUARA SEMARANG

SodagarSEMARANG. (9/3) Dalam mewujudkan misi “Mencetak Generasi unggul dan Juara” SD Juara Semarang sejak tahun pertama didirikan berusaha menyelenggarakan kegiatan wirausaha yang dikenal dengan istilah “Bussines Day”. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu dan Jum’at disetiap pekannya. Setiap kelas dibagi dua kelompok usaha, dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Diah Anggraini salah seorang guru yang membidangi PKS Kurikulum SD Juara Semarang.

Jenis dan bahan makanan serta harga dan modal usaha ditentukan oleh pihak sekolah agar memenuhi standar jajanan sehat dan tidak memberatkan orang tua siswa. Orang tua sangat mendukung kegiatan seperti ini karena bisa membantu perekonomian keluarga walaupun hanya untuk menutupi uang saku siswa sehari-hari.
“Antusiasme siswa juga luar biasa ketika mendapat jadwal untuk berjualan di sekolah, mereka berlomba-lomba menjajakkan makanannya. Tidak hanya siswa yang menjadi sasaran konsumen tapi juga guru dijadikan “target” sasaran oleh para siswa” ungkap Diah.

Seiring berjalannya waktu, kegiatan seperti ini sudah berhasil mecetak jiwa wirausaha beberapa siswa yang ada di SD Juara Semarang yang indikatornya siswa tersebut berjualan terus setiap hari walaupun bukan jadwalnya. Inilah salah satu pola pendidikan yang diajarkan kepada siswa SD Juara Semarang, agar mereka mampu mengubah pola pikirnya sejak dini, yakni sekolah untuk “mencari” pekerjaan di ubah menjadi sekolah untuk msnciptakan lapangan pekerjaan agar bisa memberikan kebermanfaatan yang lebih banyak.***

Newsroom/Muhammad Zainal Abidin
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi