SERUNYA PANEN MANGGA DI BIMBEL BIRENA AL BAROKAH

INDRAMAYU. Jumat (24/11/2017) “Alhamdulillaaah,” serentak peserta bimbel Birena Al Barokah mengucap hamdalah ketika menyelesaikan agenda mereka hari ini.

Tak hanya rutinitas membuka tadarus dengan Hafalan Qur’an yang sudah hampir 20 ayat pertama surat An Naazi’at. Tetapi materi bimbel kali ini diisi dengan aplikasi Syukur kepada Allah dengan berlimpahnya rizki musim buah mangga di desa berdaya Kertasemaya.

Panen mangga kali ini benar-benar anugrah Allah yang dimanfaatkan pula oleh Fasilitator, Asih Mayasari untuk memberikan ketrampilan mengolah buah mangga menjadi manisan dan pedesan mangga yang menjadi favorit peserta bimbel kali ini.

Semua peserta dilibatkan mulai dengan memetik, mencuci, mengupas, hingga memotong dan membuat bumbu manisan yang terdiri dari gula pasir, garam dan cabai merah yang direbus dan setelah dingin baru dicampur dengan buah mangga.

Untuk menjadikan manisan dan pedesan, anak-anak perlu bersabar karena proses pembuatan manisan dan pedasan akan melalui pendiaman selama 1 jam hingga bumbu menyerap.

Sambil menunggu, peserta bimbel diajak untuk mencari hikmah dan pelajaran dari kegiatan hari ini.

“Bersyukur karena masih bisa makan buah manga,” begitu jawab Eca salah satu peserta bimbel.

“Buah yang berlimpah bisa dijual sehingga mendapat uang untuk keperluan sekolah,” begitu ungkap Dea dengan bersemangat

“Kalau aku, jadi bisa bersedekah mangga kepada teman-teman,” ucap Merah si mungil kelas 3 SD yang sudah hafal QS Annaa’ziat hingga akhir ayat ini berpendapat.

Subhaanallah. semua jawaban itu diberi acungan jempol oleh “Ummi,” sapaan untuk Asih Mayasari yang setia membimbing mereka setiap pekan.

Tak terasa sejam berlalu. Tiba saatnya menutup agenda bimbel kali ini dengan Hamdalah dan dilanjutkan dengan do’a sebelum makan dan menyantap manisan dan pedesan mangga.

“Alhamdulillaah” terasa syukur dengan kenikmatan yang lebih besar karena makan dari hasil kerja dan olahan sendiri. Tutur Asih.

Newsroom/Kuna
Indramayu

Tags :
Konfirmasi Donasi