SISWA SD JUARA JAKTIM ANTUSIAS IKUTI PENYULUHAN KESEHATAN

JAKARTA. Selasa, (18/07) merupakan hari kedua Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD Juara Jakarta Timur dengan mengadakan penyuluhan kesehatan diri. Seluruh siswa memulai kegiatan di pagi hari pada pukul 07.00 WIB dengan senam penguin dan senam doremi yang dipandu oleh Siti Wasiah.

Sholat dhuha, mengulang hafalan (murojaah) surat-surat pendek, dan bersih-bersih kelas dilakukan sebelum acara inti dimulai. Memasuki pukul 09.30 WIB, para siswa mendapatkan Penyuluhan Kesehatan Diri oleh dr. Fahwan Azumi. Siswa SD Juara sangat senang mendengarkan dr. Fahwan bercerita, beliau menyampaikan tentang perkembangbiakan nyamuk.

Agar siswa tidak jenuh, dr. Fahwan memberikan games yang berupa aneka ragam tepuk menarik agar melatih konsentrasi siswa. Kemudian menggunakan alat peraga boneka gigi untuk mengetahui kesehatan gigi siswa. Alhasil, siswa sangat senang dan antusias, sehingga mampu menjawab pertanyaan dari dr. Fahwan dengan baik. “Aku senang karena cerita dokternya seru, membawa boneka gigi yang lucu, dan aku juga dapat hadiah makanan, karena sudah jawab pertanyaan,” tutur Nailah, kelas 4.

“Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan diri yaitu, pentingnya menggosok gigi, mencuci tangan, sarapan di pagi hari, dan membuang sampah pada tempatnya, ” tutur dr. Fahwan.

Kegiatan ini bertujuan agar para siswa mampu membiasakan hidup sehat sejak usia dini. “Perilaku hidup sehat itu sangat penting untuk dijadikan kebiasaan di rumah maupun di sekolah,” tutur Iin Nurfaindah, selaku guru kelas 1.

Newsroom/Dian Ekawati

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi