SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SD JUARA PEKANBARU

SOSIALISASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SD JUARA PEKANBARUPEKANBARU. Kamis 11 Februari 2016, Klinik RBG RZ Pekanbaru melaksanakan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sekolah, di SD Juara Pekanbaru Jalan warta sari no.9 kelurahan tangkerang selatan kecamatan bukit raya kota pekanbaru.

Acara dimulai dimulai pada pukul 08.00 Wib ini diikuti oleh seluruh siswa/siswi kelas 1 sampai kelas 6. Sosialisasi ini disampaikan oleh pemateri, Kurota Ayun. Kurota ayun menjelaskan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil dari pembelajaran yang menjadikan seseorang dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya.

Kebiasaan atau perilaku positif dilakukan oleh setiap siswa, guru, penjaga sekolah, petugas kantin sekolah, orang tua siswa yang dengan kesadarannya untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta aktif dalam menjaga lingkungan sehat di sekolah.

Cakupan PHBS sekolah antara lain mencuci tangan pakai sabun, jajan di kantin sekolah yang sehat, membuang sampah pada tempatnya, mengikuti olahraga, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan, dilarang merokok, memberantas jentik nyamuk, menggunakan jamban sehat. Agar siswa, guru, penjaga sekolah,petugas kantin sekolah, terlindungi dari berbagai gangguan dan ancaman penyakit, sekolah menjadi bersih dan sehat sehingga meningkatkan semangat proses belajar mengajar dan akhirnya meningkatkan prestasi belajar sekolah.

“Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah ‘habbit’ yang harus kita didik kepada Anak2 kita. Ini merupakan ilmu kehidupan yang bisa kita tanamkan melalui metode pembiasaan secara kontinyu”, ujar Pak Suriksodi Saputro Kepala SD Juara Pekanbaru.***

Newsoom/Suriksodi
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi