SYAFAAT ORANG YANG BERILMU

Abu Dzar al-Ghifari meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Menghadiri majelis orang alim lebih utama daripada salat seribu rakaat, menjenguk seribu orang sakit, dan menghadiri seribu jenazah.” Kemudian Abu Dzar bertanya, “Bukankah membaca Alquran lebih utama dari majelis orang alim? Nabi SAW menjawab dengan lugas dan bijaksana, “Apakah membaca Alquran berguna tanpa ilmu?”

Di antara sabda Nabi SAW adalah, “Orang pandai adalah kepercayaan Allah SWT di muka bumi. Kelak pada hari Kiamat, terdapat tiga kategori pemberi syafaat; para nabi, orang pandai, dan orang-orang yang mati syahid.”

Dikutip dari Ensiklopedia Alquran bahwa ini jelas menunjukkan derajat orang pandai, ulama, ilmuwan, dan cendekiawan sangat terhormat di sisi Allah SWT, sehingga dikategorikan sebagai pemberi syafaat. Padahal, tidak semua malaikat diperkenankan memberi syafaat sesuai dengan firman Allah SWT:

“Dan betapa banyak malaikat di langit yang syafaatnya tidak berguna sedikit pun, kecuali sesudah Allah mengizinkan bagi orang yang dikehendaki dan diridai-Nya.” (QS. An-Najm: 26).

Nabi Muhammad SAW bersabda tentang kedudukan ilmuwan pada hari Kiamat, “Pada hari Kiamat, Allah SWT membangkitkan seluruh hamba-nya. Kemudian Dia membangkitkan orang yang pandai, seraya berfirman, ‘Wahai orang-orang pandai, sungguh Aku tidak memberikan pengetahuan-Ku kepada kalian selain karena pengetahuan-Ku akan keberadaan kalian. Aku juga tidak memberikan ilmu-Ku untuk menyiksa kalian. Pergilah, Aku telah mengampuni kalian.”

Rasulullah SAW menambahkan, “Bahkan yang ada di langit dan di bumi memohonkan ampunan bagi orang yang pandai.”

Beliau juga menegaskan bahwa bersandarnya orang alim di tempat tidur untuk merenungi ilmunya lebih baik daripada ibadahnya santri selama enam puluh tahun. Selain itu Beliau juga mengatakan orang terbaik setelahnya adalah orang yang mengajarkan ilmunya sehingga ilmu itu tersebar luas. Pada hari kiamat, ia akan dibangkitkan sebagai  suatu bangsa. Wallahualam.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi