TAHUN 2018 RUMAH ZAKAT TARGETKAN 1.230 DESA BERDAYA

JAKARTA. Tahun 2018, Rumah Zakat menargetkan 1.230 Desa Berdaya terbina dan 5.323 Desa Berdaya di tahun 2023. Sampai saat ini, sudah terdapat 1.056 Desa Berdaya yang dibina oleh Rumah Zakat yang tersebar di 129 kota/kabupaten.

Desa Berdaya menjadi upaya Rumah Zakat untuk mengangkat potensi lokal. Hal tersebut dilakukan melalui pembinaan komunitas terpadu oleh fasilitator di masing-masing desa atau yang sering disebut Relawan Inspirasi.

Selain itu, Rumah Zakat pun meluncurkan program Wakaf 1.000 Hektar untuk Lahan Pertanian yang berbasis Desa Berdaya. Program tersebut bertujuan untuk membebaskan lahan yang akan difungsikan menjadi lahan produktif dan dapat diberdayakan untuk ketahanan pangan di masyarakat lokal.

“Gerakan ini kami harapkan dapat menguatkan peranan desa sebagai kunci keberhasilan Indonesia di masa mendatang. Terutama saat mengalami bonus demografi yang akan dimulai sejak 2020. Keberdayaan desa akan menekan tingkat urbanisasi, karena lapangan pekerjaan dan janji kebahagiaan bisa diwujudkan tanpa harus berpayah meninggalkan desa menuju kota,” ujar Nur Efendi, CEO Rumah Zakat, Selasa (19/12).

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Rumah Zakat menggunakan platform crowfunding melalui www.sharinghappiness.org. Hal tersbeut bertujuan untuk memudahkan siapa saja yang ingin berdonasi tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

 

Newsroom/ Sri Agustina

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi