TANAMAN HIDROPONIK PERCANTIK HALAMAN BANK SAMPAH SEMPU

BEKASI. Ibu-ibu Desa Berdaya Pasir Gombong binaan Rumah Zakat berlokasi di Kp. Sempu, RT. 04/04 Desa Pasir Gombong Kec. Cikarang Utara -Bekasi pada Hari kamis (28/09) menyulap halaman Bank Sampah Sempu menjadi asri dan segar.

Kini halaman Bank Sampah Sempu dihiasi dengan berbagai macam pot gantung yang terbuat dari barang bekas dan berisi tanaman hidroponik.

“Tujuan didirikan penghijauan ini adalah selain untuk memperindah halaman juga memberikan contoh kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan barang – barang bekas, sehingga nanti tidak ada sampah yang terbuang, semuanya bisa dimanfaatkan” ujar Tini selaku nasabah Bank Sampah Sempu.

Sawi dan cabai ditanam dalam pot – pot hidroponik yang terbuat dari botol bekas. Kebun gantung ini memakai System Auto Irigasi tetes, dilengkapi denga Timer yang dihubungkan dengan mesin Pompa.

“Di bagian atas instalasi adalah sayuran sawi berjumlah 250 pot, dan di bagian bawah tanaman cabe dengan jumlah 30 pot. Sistem kerjanya adalah, air yang dicampur nutrisi disalurkan melalui selang ukuran 5 mm, dengan bantuan mesin pompa 80 Watt, kemudian selang-selang kecil disalurkan kedalam pot-pot gantung dari atas sampai bawah, disetiap ruas selang-selang diberi lubang seukuran jarum, fungsinya untuk lubang tetesan air” tutur Tini.

Newsrom/ Lailatul Istikhomah
Bekasi

Tags :
Konfirmasi Donasi