TINGKATKAN EKONOMI MELALUI GERAKAN SUBANG BERDAGANG

TINGKATKAN EKONOMI MELALUI GERAKAN SUBANG BERDAGANGSUBANG. Senyum Mandiri adalah program pemberdayaan ekonomi Rumah Zakat dalam membangun kemandirian ekonomi masyarakat di desa. Fasilitator desa berdaya Rumah Zakat di wilayah Desa Sindangsari Subang yaitu Wayan Sohib menggulirkan Gerakan Subang Berdagang (GSB) di desanya yang berpusat di Kecamatan Cikaum Kabupaten Subang. Yuk Berdagang adalah jargonnya. GSB ini adalah sebuah gerakan yang mengembalikan aktifitas dagang sebagai kekuatan ekonomi keluarga yang utama dan menjadikannya sebagai hobi dan budaya.

Gerakan Subang Berdagang dimulai pada Maret 2017 yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran. Dengan demikian, semua keluarga bisa mandiri dan ada pilihan alternatif ditengah dominasi profesi buruh wanita & TKW ke luar negeri.

Gerakan tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota kelompok yang mempunyai jenis produk usaha yang berbeda, diantaranya kelompok usaha pangan, usaha PKL dan kelompok usaha kerajinan.

Dukungan yang diberikan berupa pemberian modal bergulir tanpa bunga, kemudian pendampingan usaha dalam bentuk pelatihan, yakni taklim wirausaha rutin, pendampingan produksi, packaging, labeling hingga pemasarannya difasilitasi dalam bentuk online. Hal tersebut bertujuan untuk penjualan yang lebih luas, termasuk menggagas Desa Sindangsari menjadi Kampung Online dengan menyediakan fasilitas internet gratis dikampung sebagai sarana penjualannya.

Pada kesempatan kali ini, Wayan Sohib melakukan kunjungan dan pendampingan usaha pada Kelompok Usaha Pangan Desa Sindangsari kepada usaha yang memproduksi kicimpring, keripik, dan rempeyek. Pada kesempatan tersebut mereka mengucapkan terimakasih kepada Rumah Zakat yang telah merekrut mereka untuk mendapatkan pendampingan dari Rumah Zakat.

“Di tengah menurunnya semangat wirausaha di desa, beruntung Ibu masih menyimpan semangat itu, saat ini dan kedepan ibu-ibu semua harus siap besar dan siap dibesarkan usahanya bersama Rumah Zakat.” Ujar Wayan Sohib kepada mereka dalam kunjungan dan pendampingannya.

Newsroom/Wanda Yulianto

Subang

Tags :
Konfirmasi Donasi