TIPS AGAR PUASA TIDAK LEMAS

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid, membagi empat tips menjalani ibadah puasa Ramadhan. Menurut FeriĀ  ibadah puasa bukanlah alasan bagi yang menjalankannya untuk bermalas-malasan atau menurunkan produktivitas.

Jadi perlu ada trik agar selama Ramadhan ini aktivitas di siang hari tetap tidak berkurang. Tips pertama dari Feri adalah memperhatikan pasokan karbohidrat saat sahur.

Karbohidrat kata dia akan membuat glukosa yang menjadi sumber energi utama tubuh. Glukosa adalah sejenis zat gula yang digunakan sebagai energi atau disimpan agar bisa digunakan nantinya.

“Karbohidrat ada dalam nasi, pasta dan roti. Sebaiknya, konsumsi karbohidrat saat sahur. AgarĀ  saat puasa tubuh tidak gampang lemas,” Feri.

Kemudian lanjut Feri saat berbuka dan sahur yang harus diperhatikan adalah cairan yang cukup. Air yang sebaiknya dikonsumsi kata Feri adalah air putih, susu, jus, teh atau jenis minuman lain yang dapat memberikan hidrasi tanpa kalori berlebih.

Tapi yang paling utama menurut Feri yang paling diutamakan tentu saja air putih. Yakni minimal lima gelas saat berbuka dan lima gelas saat sahur.

Kemudian tips ketiga dari Feri adalah memerlukan konsumsi sayur dan kacang-kacangan. Dua jenis makanan ini kata dia akan memberikan kombinasi serat-serat larut dan tidak larut.

Serat menurut pemahaman Feri juga akan membantu menjaga usus bekerja dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah. Kemudian serat juga membantu mengontrol kadar kolesterol.

Satu lagi yang tak boleh dilupakan menurut Feri adalah mengonsumsi buah-buahan. Yang paling identik dengan buka puasa kata dia adalah kurma. Tapi bisa juga dengan buah-buahan lain yang lebih mudah dijangkau.

“Alpukat, jeruk, timun suri juga baik buat tubuh,” ujar Feri.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi