TIPS HALAU KANTUK TANPA KAFEIN

77cara-praktis-hilangkan-kantuk-di-kampus-atau-tempat-kerjaBekerja di kantor sepanjang hari tak jarang terasa sangat melelahkan sehingga mendorong rasa kantuk yang teramat besar. Ketika kantuk mulai menghantui, tiga cangkir kopi pun rasanya tak cukup untuk membuat tubuh kembali segar.

Untungnya, kopi bukan satu-satunya cara untuk mengusir rasa lelah dan kantuk saat bekerja seharian penuh di kantor. Berikut ini ialah tiga tips sederhana yang bisa dilakukan oleh karyawan agar tetap segar untuk bekerja seperti dilansir Pop Sugar.

Tidak Menggabungkan Protein dan Karbohidrat
Ahli gizi Kimberly Snyder mengungkapkan peraturan sederhana dalam kombinasi makanan untuk menjauhkan rasa kantuk saat kerja. Snyder menyarankan agar protein tidak dikombinasikan dengan karbohidrat dalam menu makan siang. Jika ingin menyantap protein, karyawan bisa menambahkan sayuran sebagai menu pendamping. Sebaliknya, jika ingin menyantap karbohidrat, karyawan dapat menambahkan sayur dan/atau buah-buahan sebagai pendamping.

Snyder mengatakan kombinasi makanan paling buruk ialah daging (protein) dan pati (karbohidrat) karena kedua makanan ini membutuhkan enzim-enzim berebeda dalam proses pencernaan. Kondisi ini akan membuat tubuh mengalami kesulitan mencerna makanan dan menyebabkan energi terbuang. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kombinasi makanan dibuat menjadi lebih sederhana dengan tidak menyandingkan protein dan pati secara bersama-sama.

“Contoh kombinasi yang akan membutuhkan banyak upaya dalam pencernaan adalah steak dan kentang, ayam dan nasi. Akan lebih baik menyederhanakan makanan-makanan tersebut dengan menyantap nasi dengan sayuran atau ayam dengan sayuran,” jelas Snyder.

Olahraga Saat Jam Istirahat
Karyawan biasanya memiliki waktu satu jam untuk ‘menjauh’ dari layar komputer dan beristirahat. Karyawan dapat memanfaatkan sebagian waktunya, sekitar 30-45 menit, untuk berolahraga pada jam istirahat ini. Setelah berolahraga sejenak dan mandi cepat, tubuh akan terasa jauh lebih segar dan fokus. Karyawan yang memanfaatkan jam istirahat dengan baik untuk bergerak aktif juga akan menjadi lebih produktif jika dibandingkan dengan karyawan yang hanya duduk di meja kerja seharian penuh.

Berdiri dan Duduk

Penelitian menunjukkan bahwa duduk dengan postur yang buruk akan menyebabkan rasa kantuk. Di sisi lain, berdiri tegak dapat menimbulkan rasa bahagia dan membuat seseorang menjadi lebih produktif. Menggunakan meja khusus yang dapat digunakan untuk bekerja sambil duduk atau pun berdiri merupakan solusi untuk menjauhkan karyawan dari rasa kantuk saat bekerja.

Dengan meja khusus ini, karyawan dapat mengganti posisi bekerja sambil duduk dan bekerja sambil berdiri setiap 30 menit. Akan tetapi, jika tidak memiliki meja khusus ini, karyawan dapat memanfaatkan waktu sejenak setiap 30 menit untuk berdiri atau mengambil air minum agar memiliki kesempatan mengubah posisi kerja. Dengan begitu, rasa kantuk dapat lebih mudah untuk ditepis.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi