TIPS MENCEGAH PENYAKIT MUSIM HUJAN

musim-hujan-_141218111023-313Musim hujan sering kali menyebabkan orang terkena penyakit flu dan diare. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya daya tahan tubuh.

Akan tetapi dua penyakit tersebut dapat dicegah dengan hal yang sederhana saja. Setidaknya untuk mencegah flu, kita perlu melakukan empat hal. Pertama, mencuci tangan secara teratur. Sebab sebagian besar virus menyebar lewat kontak langsung melalui tangan. Mencuci tangan disarankan menggunakan air hangat. Dua, tidak sering menyentuh muka. Karena virus biasa masuk melewati mata, hidung atau mulut.

Tiga, mengonsumsi makanan mengandung phytochemical. Phytochemical banyak terdapat pada buah dan sayur berwarna hijau, merah, serta kuning gelap. Empat, meminum banyak air putih untuk mengangkat racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa memerlukan delapan gelas air dalam sehari.

Untuk mencegah diare kita cukup melakukan empat tindakan sederhana. Pertama membiasakan diri untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dan kaki setelah berpergian. Karena saat hujan turun setiap hari, selokan yang tersumbat akan meluap dan membawa parasit, cacing, serta amoeba penyebab diare terangkat ke permukaan tempat manusia beraktivitas

Dua, mencuci peralatan makan dengan sabun dan air bersih. Tiga, menggunakan alas kaki saat beraktivitas, terutama di luar rumah untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit masuk lewat kulit. Empat, hindari membeli makanan di sembarang tempat.

Selain tips di atas, kita pun perlu menyiapkan obat flu dan diare sebagai persediaan medis di rumah.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi