TIPS MENGATASI PENYAKIT LUPA

69tips-mengatasi-penyakit-lupa

Pikun memang wajar jika dialami oleh orang yang sudah lanjut usia seperti kakek-kakek. Namun, seringkali kita yang masih muda ini juga mengalaminya. Lupa meletakkan barang, lupa agenda penting, lupa membawa barang, dan banyak hal lainnya.

Tak heran, karena penyakit lupa ternyata dapat muncul dari faktor gaya hidup. Tidak sehatnya makanan dan minuman yang kita konsumsi, kurang tidur, stress, overload atau kelebihan muatan otak serta diet yang berlebihan. Berikut tips ringan mengatasi penyakit lupa ini.

1.Istirahat yang cukup

Bukan hanya tubuh yang memerlukan istirahat, tapi juga otak dan pikiran kita yang sudah bekerja keras seharian. Istirahat cukup membantu mengoptimalkan kinerja otak kita untuk mengingat.

2.Makan makanan yang sehat dan bergizi

Otak adalah salah satu organ terpenting kita yang sangat membutuhkan asupan nutrisi dari makanan bergizi seimbang. Makanan yang bergizi bukan hanya menyehatkan tubuh, tapi juga mengoptimalkan kinerja otak.

3.Konsumsi vitamin E

Vitamin E mampu meningkatkan kerja otak. Vitamin E banyak terkandung dalam kacang-kacangan, yang bisa kita konsumsi setiap hari sebagai makanan ringan yang menyehatkan.

4.Konsumsi makanan yang mengandung kolin

Kolin mampu meningkatkan daya ingat dan daya pikir. Konsumsi makanan yang mengandung kolin seperti hati ayam, telur, dan kedelai.

5.Olahraga secara rutin

Melakukan olahrga secara rutin akan memperlancar peredaran oksigen dalam otak, juga membantu pertumbuhan sel-sel baru dalam otak. Suplai oksigen yang cukup pada otak akan membantu otak mengoptimalkan fungsinya.

6.Buat catatan

Jika Anda bisa aktif menulis di media social, mengapa tak memanfaatkan ponsel pintar Anda sebagai reminder? Sering-seringlah mencatat, di mana saja dan tentang apa saja. Mulai dari hal yang harus Anda lakukan hari ini, sampai ide-ide besar Anda untuk masa depan, mulailah catat dari sekarang!

7.Letakkan benda di tempat yang sama

Jika penyakit lupa Anda sudah sedemikian parah, Anda pasti kerap dirugikan jika lupa membawa benda-benda penting. Letakkanlah benda-benda penting di satu tempat yang mudah Anda ingat, misalnya di rak kecil dekat pintu, sehingga Anda selalu ingat untuk membawanya setiap sebelum berangkat.

8.Lakukan tes otak

Anda dapat melatih otak Anda dengan banyak membaca buku atau bermain catur. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kinerja otak untuk mengingat apa yang dilihat, dikerjakan, dan dilakukan.

 

Sumber: Ummi-online.com

Tags :
Konfirmasi Donasi