TIPS MENGENAL PENYAKIT ANOREKSIA

Menambah-Nafsu-Makan-Anak-dengan-HerbalAnoreksia adalah kelainan psikis yang diderita berupa kehilangan nafsu makan, meski sebenernya penderitanya lapar dan berselera terhadap makanan. Statistik menunjukkan 95 persen penderita anoreksia adalah perempuan yang memasuki masa puber seperti remaja dan perempuan dewasa.

Hal ini dipicu oleh keinginan memiliki tubuh kurus dan takut berat badan bertambah sehingga muncul gejala yang menolak makanan dari luar. Hal ini bisa dikategorikan sebagai penyakit ringan, namun jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan kematian. Kondisi ini umumnya ditandai dengan beberapa gejala psikologis, seperti:
1.  Keinginan memiliki tubuh kurus
2.  Ketakutan berlebih pada kegemukan
3.  Penolakan untuk mempertahankan berat badan seperti melakukan diet ekstrim
4.  Hilangnya siklus menstruasi
5.  Menyembunyikan atau menghilangkan makanan secara sengaja

Walaupun sudah menjadi fenomena sejak lama, hingga kini masih belum diketahui penyebab pasti dari anoreksia. Para ahli kesehatan berpendapat bahwa faktor sosial berpengaruh banyak dalam hal ini. Di masa ini, perempuan dianggap cantik apabila memiliki tubuh yang kurus.

Boleh saja menguruskan badan, karena kegemukan juga banyak menimbulkan komplikasi penyakit, tetapi tentu saja tidak sampai berlebihan. Jika sudah dianggap terkena anoreksia, biasanya penderitanya akan memuntahkan makanan yang ditelan sebagai reaksi psikis akan takutnya berat badan bertambah.

Sumber: liniberita.com

 

Tags :
Konfirmasi Donasi