TIPS MENGHILANGKAN KANTUK DAN MALAS SEETIKA

ngantukDi tengah pekerjaan yang menumpuk, terkadang kita terganggu dengan rasa malas dan kantuk yang menyerang. Rasa malas timbul karena beban pekerjaan maupun kebosanan yang menghampiri. Jika hal ini berlangsung setiap hari, tentu akan mengganggu pekerjaan yang tengah kita garap. Oleh karena itu, virus kemalasan ini harus diberantas dengan cara yang tepat supaya aktivitas kita bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Nah, untuk menghilangkan kantuk dan malas seketika, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Istirahat Sejenak
Cara terampuh untuk menghilangkan malas adalah dengan istirahat sejenak. Rasa malas yang timbul karena kebosaanan akan “sembuh” saat Anda meluangkan waktu 10-30 menit untuk beristirahat, meregangkan otot dan menikmati secangkir minuman hangat plus kudapan. Anda juga bisa menggunakan waktu Anda untuk tidur, sehingga tenaga dan konsentrasi Anda akan pulih.

2. Berpikir Positif
Menumbuhkan pikiran positif dapat menjadi cara ampuh untuk menghilangkan rasa malas. Kemalasan datang dari energi negatif yang ada dalam diri kita. Untuk mengurangi energi negatif, penuhilah hati dan pikiran Anda dengan menghadirkan pikiran positif. Dengan begitu, mood Anda akan membaik dan Anda jauh lebih bersemangat daripada sebelumnya.

3. Jangan Menunda
Supaya malas tidak menghampiri, selalu kerjakan tugas-tugas Anda dengan segera tanpa menunda. Penundaan yang menjadi kebiasaan akan membuat beban Anda semakin bertumpuk dan akhirnya Anda akan pusing memikirkan cara agar semuanya terselesaikan dengan baik.

4. Berolahraga Teratur
Olahraga bisa membuat badan Anda lebih fit dan segar. Badan yang terjaga kebugarannya akan menunjang aktifitas Anda di tempat kerja agar tidak gampang lelah dan malas. Selain itu, badan yang fit akan mengurangi rasa kantuk berlebihan. Semangat Anda akan terjaga jika Anda merutinkan berolahraga ringan secara teratur.

5. Perhatikan Prioritas
Bayangkan saat kantuk menyergap saat Anda harus menyelesaikan tugas yang paling penting. Anda tentu akan kelabakan dan panik. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian Anda pada tugas-tugas yang harusnya menjadi prioritas utama Anda pada hari itu. Akibatnya, Anda kehilangan fokus dan melupakan hal-hal yang penting untuk diselesaikan segera. Energi Anda terkuras pada saat harus mengeluarkan karya terbaik. Oleh karena itu, fokuslah pada prioritas-prioritas yang sudah ditentukan sebelumnya.

6. Pikirkan Kerugian Kita Saat Malas
Saat timbul kemalasan, lawanlah dengan membayangkan apa kerugan yang harus Anda derita jika Anda menuruti kemalasan Anda. Mungkin Anda akan merasa enjoy sesaat, namun dampaknya akan buruk bagi rencana-rencana Anda selanjutnya. Dengan memikirkan kerugian yang akan Anda alami, maka akan timbul semangat untuk mengerjakan aktivitas kita dengan penuh semangat. Selamat mencoba!

Sumber: fimadani.com

Tags :
Konfirmasi Donasi