TIPS MENGHILANGKAN NODA

noda-di-pakaian-_130325111845-304Noda yang menempel di pakaian favorit pasti buat Anda jengkel. Meski noda kini dengan mudah bisa dibersihkan menggunakan deterjen, bahan-bahan di dalamnya mengandung banyak unsur kimia yang membahayakan. Kesehatan Anda bisa terganggu bila terlalu banyak terpapar bahan-bahan kimia.

Sebelum mulai membersihkan noda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama pastikan Anda menghilangkan noda secepatnya. Semakin lama noda dibiarkan, makin sulit noda dihilangkan. Sebab noda tersebut akan menyerap di kain.

Seperti dikutip dari laman Healthmeup, bila Anda belum sempat menghilangkan noda, basuh noda tersebut dengan air terlebih dulu. Ini untuk menjaga noda mengendap.

Ketika menghilangkan noda, jangan gosok-gosok kain karena hanya akan mendorong noda membekas lebih dalam. Sebaiknya, usap perlahan sehinga Anda menarik noda keluar ketimbang mendorongnya ke dalam kain. Mulai dari bagian luar noda hingga ke arah dalam noda, sehingga noda tidak meluas.

Anda juga harus menghindari panas karena akan membuat noda lebih membekas. Bersihkan noda dengan air dingin atau hangat, bukan air panas.

Untuk membersihkan noda secara alami, gunakan jus lemon. Perasan lemon cocok untuk noda karat, teh, dan kopi. Juga noda bekas buah pada kain putih.

Lemon bekerja sebagai bahan pemutih. Peras lemon ke atas noda dan biarkan mengering di bawah sinar matahari. Atau letakkan sepotong lemon di atas noda. Setelah beberapa jam, bilas, dan ulang proses jika perlu.

Garam juga merupakan penghilang noda alami. Garam bisa digunakan menghilangkan noda akibat minyak, lemak, saus, anggur, keringat, bahkan darah. Taburkan garam di atas noda atau rendam pakaian bernoda di air garam. Bilas dan bersihkan seperti biasa.

Sedangkan air soda adalah penghilang noda saat Anda sedang berada di restoran atau pesta dan menumpahkan makanan ke pakaian. Pesan saja soda tanpa rasa dan poleskan soda ke atas noda. Sampai rumah cuci pakaian seperti biasa.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi