TIPS MENJAGA KESEIMBANGAN HORMON

WebBanner_AquarobicsLINIBERITA – Tubuh Anda memiliki banyak hormon yang mendukung kinerja organ tubuh dan mempengaruhi kehidupan pribadi Anda. Sebagai wanita, untuk bisa menyeimbangkan hormon tubuh mungkin menjadi hal penting, apalagi ketika Anda sedang mengalami menstruasi atau pra menopause, karena pada saat-saat itulah hormon bergejolak dan tidak stabil.

Berikut beberapa tips sehat untuk menyeimbangkan jumlah hormon dalam tubuh dengan makanan sehari-hari, dan ini dia daftarnya

1. Makanan berserat

Serat makanan selalu baik untuk kelancaran pencernaan. Namun bukan hanya itu, serat juga sangat baik untuk keseimbangan hormon tubuh, karena dapat mengikat kelebihan estrogen dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Jadi perbanyak makan sayur dan buah serta kacang-kacangan yang diketahui kaya akan serat.

2. Sayuran hijau

Masukkan selalu sayuran hijau dalam daftar menu makanan Anda, karena selain dapat menutrisi tubuh, juga dapat menyeimbangkan hormon dengan mengontrol produksinya di dalam tubuh. Konsumsi sayur hijau keluarga Brassica seperti brokoli, kembang kol, kubis, daun kale, bok coy, dan lain sebagainya yang berwarna hijau. Sayuran tersebut juga kaya akan serat.

3. Minyak kelapa

Salah satu minyak yang sangat sehat adalah minyak kelapa. Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, minyak kelapa juga dapat meningkatkan sekresi sistem endokrin. Cukup tambahkan 3-4 sendok makan minyak kelapa dalam makanan Anda, seperti dicampur dengan salad atau ditelan langsung.

4. Chasteberry

Meski tanaman ini jarang sekali ditemukan di Indonesia, namun sebenarnya bisa tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Mungkin namanya masih belum banyak dikenal, namun khasiatnya sudah diketahui dapat mengurangi masalah PMS saat menstruasi dan menopause. Jika dikonsumsi secara rutin, juga dapat melancarkan siklus bulanan Anda yang tidak teratur. Anda bisa mendapatkan chasteberry dalam bentuk suplemen, Ladies.

5. Suplemen

Jika Anda ingin mendapatkan hormon tubuh yang seimbang, maka asupan nutrisi tubuh juga harus dipenuhi. Meski Anda tidak bisa mengonsumsi setiap kebutuhan tubuh, namun Anda tetap bisa mendapatkannya dari suplemen makanan. Anda bisa memilih suplemen seperti minyak ikan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3, atau lainnya yang menurut Anda kurang Anda konsumsi.

Itu dia beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan hormon tubuh yang seimbang Ladies, jika hormon seimbang, maka kesehatan tubuh dan mood juga bisa terjaga.

Sumber: www.liniberita.com

Tags :
Konfirmasi Donasi