TIPS TERHINDAR DARI KERACUNAN MAKANAN

buah-dan-sayuran-di-dalam-kulkas-_140615214403-391Tidak sedikit orang mengalami keracunan sehabis mengonsumsi makanan. Hal ini disebabkan karena bakteri berbahaya yang terkandung dalam makanan tersebut. Di Amerika Serikat, banyak orang mengalami keracunan setelah mengonsumsi buah dan sayur.

Selain itu, telur juga dapat menjadi salah satu penyebab keracunan makanan, sehingga Anda perlu memasaknya terlebih dahulu untuk membunuh bakteri berbahaya di dalamnya. Dilansir dari lama Vox, berikut tips ringan untuk meminimalkan risiko keracunan makanan.

Membeli produk segar
Saat Anda membeli produk makanan, pastikan dalam keadaan yang segar, terutama buah dan sayur, Anda harus memilih produk tersebut tidak busuk dan memar.

Pisahkan pengemasannya
Anda harus memisahkan pengemasan produk Anda, seperti pisahkan buah dan sayur segar dari daging, unggas, dan makanan laut agar tidak terkontaminasi rasa dan baunya.

Penyimpanan
Simpan buah dan sayur yang mudah busuk di dalam kulkas bersih bersuhu 3-5 derajat celcius atau di bawahnya. Selain itu Anda pastikan Anda mencuci perlengkapan masak Anda dengan sabun dan air panas untuk persiapan daging mentah, unggas, makanan laut, dan makanan yang tidak dimasak.

Potong

Jika buah atau sayur Anda ada bagian yang busuk, potonglah bagian tersebut sebelum disajikan atau dimakan. Jangan lupa juga untuk mencuci secara menyeluruh pada air mengalir sebelum makan, memotong, dan memasak. Terakhir jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap atau tisu untuk mengurangi bakteri yang tersisa.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi