TUAI BANYAK DUKUNGAN, KEBRAJAN BANK SAMPAH SEJAHTERA SEMAKIN SEJAHTERA

TEGAL. Melalui fasilitator Desa Berdaya Ujungrusi Kab. Tegal Rumah Zakat bersama Ibu-ibu PKK Desa Ujungrusi, Kec. Adiwerna Kab. Tegal menginisiasi program “Kebrajan Bank Sampah Sejahtera”. Bank sampah tersebut dalam 2 pekan sekali rutin melakukan kegiatan pemilahan dan penimbangan sampah.

Seperti halnya pada Minggu (22/10), pemilahan dan penimbangan sampah ini berlangsung di Jl. Seroja RT 02/ RW 01 untuk yang ketiga kalinya. Jumlah nasabah yang hadir saat pemilahan dan penimbangan pekan ini bertambah dibandingkan jumlah pekan lalu.

Pak Baidowi selaku sekretaris desa mengatakan bahwa, “Saya semakin bangga dan mendukung sepenuhnya kegiatan Rumah Zakat. Jumlah warga yang ikut serta baik pengurus maupun nasabah Kebrajan Bank Sampah Sejahtera semakin sejahtera dan banyak dukungan. Apalagi sekarang nasabah bank sampah sudah mendapatkan buku tabungan sejak 2 pekan yang lalu”.

Di pekan ketiga bulan Oktober ini Bank Sampah berhasil mengumpulkan sejumlah Rp240.000, yang selanjutnya akan dilakukan bagi hasil dengan skema 30% untuk pengurus dan 70% untuk nasabah. Setiap RT pun sudah dibentuk kader untuk menggerakan warga di RT-nya yang menjadi nasabah bank sampah.

“Saya dan pengurus bank sampah selalu berusaha terus untuk memenuhi sarana dan prasarana Kebrajan Bank Sampah Sejahtera. Terutama dengan pengajuan SK pendirian Kebrajan Bank Sampah Sejahtera kepada pemerintahan desa. Beberapa hari yang lalu sudah disetujui kepala desa.” Tutur Hasbi Iskandar, fasilitator Rumah Zakat.

“Selain diakui legalitasnya juga untuk mempermudah pengajuan bantuan dana ke dinas lingkungan hidup dan instansi yang lainnya yang peduli terhadap lingkungan” tambahnya.

Dalam misi untuk melestarikan lingkungan, besar harapan kegiatan bank sampah ini dapat intensif dilakukan di beberapa RT dan RW lainnya di desa Ujungrusi khususnya dan kabupaten Tegal umumnya.

 

Newsroom/Ratih
Tegal

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi