UPDATE SITUASI TERKINI PASCA GEMPA YANG TERJADI DI AMBON, MALUKU

MALUKU, Rabu (23/10) – Laporan terbaru hari Rabu, 23 Oktober 2019 mengenai bencana gempa bumi yang terjadi di Ambon Maluku pada Kamis 26 September 2019 pukul 07.02 lalu tidak berpotensi Tsunami.

Tercatat sejumlah 41 jiwa meninggal dunia, 1548 jiwa korban luka ringan, 30 jiwa korban luka berat dan 103.327 jiwa warga mengungsi.

Wilayah terdampak dan kerusakan akibat gempa bumi yakni kota Ambon, kabupaten Seram Bagian Barat dan kabupaten Maluku Tengah. Sejumlah bangunan Rusak, seperti Rumah, Fasilitas Pendidikan, Fasilitas kesehatan, Rumah Ibadah, Kantor Pemerintah, Gedung Pendidikan, Pasar dan kios juga rusak parah.

Respon Rumah Zakat sampai saat ini telah menerjunkan 25 Relawan ke lokasi terdampak Gempa (3 Relawan di Kabupaten Seram Bagian Barat dan 22 Relawan di Kota Ambon), melakukan need assessment dan koordinasi dengan pihak terkait, pendistribusian Air Mineral, Nasi Bungkus, Paket Bubur Lansia dan anak-anak, paket bubur kacang hijau, Autan, makanan tambahan, dan Logistik.

Selain itu Rumah Zakat juga Menerjunkan tim Medis, membuka Layanan Medis dan menurunkan Tim Psikososial dan 3 Mobil Operasional. Selanjutnya Mendirikan 1 Mushola Darurat, Layanan Pos Segar, dan Pos Hangat.

“Kita minta do’a dari semua untuk Relawan tetap semangat dan terus bergerak membantu para pengungsi rasa lebih nyaman.” Ujar Sadam selaku Koordinator Lapangan Relawan Rumah Zakat.

Newsroom

Izzatul Yazid / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi