WARGA SURABAYA NIKMATI LAYANAN KESEHATAN GRATIS DARI MOSEH PGN

RZ LDKO CilegonSURABAYA. PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk bekerjasama dengan RZ dalam program Pelayanan Kesehatan Masyarakat melalui Mobil Sehat PGN. Pada tahun kelima layanan, program ini diselenggarakan sejak bulan Juni 2014 – Mei 2015. Salah satu kota yang mendapatkan layanan aksi dari Mobil Sehat PGN adalah Kota Surabaya dan sekitranya.

Seperti yang dijalankan di kota lain, layanan kesehatan Mobil Sehat PGN meliputi layanan regular berupa Pemeriksaan Kesehatan Umum dan Kesehatan Gigi, layanan Kesehatan Balita, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan ada pula layanan Pemeriksaan Kesehatan Ibu Hamil dan USG, Pemeriksaan Golongan Darah, layanan Cek Metabolik (pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol) serta layanan Penyuluhan Kesehatan.

Program Mobil Sehat PGN melakukan pula Pembinaan kesehatan lingkungan yang meliputi Siaga posyandu, Pelatihan Kader, Bantuan Sarana Posyandu, Siaga Gizi Balita, Senam Sehat, Kelas Ibu Hamil, Kelas Ibu Balita & Workshop Kader Kesehatan. Jumlah penerima manfaat selama 1 tahun implementasi yaitu sebanyak 2.374 Rata-rata jumlah penerima manfaat per bulan mencapai 197 orang.

Pelaksanaan kegiatan wilayah binaan dilakukan di Desa Tambak kalisogo Kec. Jabon Sidoarjo dan Desa Kedung Turi Kec. Taman Sidoarjo. Sedangkan untuk kegiatan layanan isidental dilaksanakan di 16 lokasi di Kota Surabaya dan sekitarnya.

Salah satu layanan unggulan dari Mobil Sehat PGN adalah pemeriksaan kesehatan gigi dan cek metabolik. Pada pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gigi, keluhan yang paling banyak ditemui adalah pembersihan karang gigi dan tambal gigi berlubang. Sedangkan hail cek metabolik yang paling banyak ditemui adalah tinggi nya hasil cek asam urat, gula darah dan kolesterol. Penanganan yang diberikan adalah edukasi tentang perilaku hidup sehat dan terapi obat-obatan.

Masyarakat di daerah binaan merasa lebih diperhatikan dengan adanya program wilayah binaan Mobil Sehat PGN. Posyandu pun mendapat pendampingan melalui pelatihan kader dan Pengolahan Makanan Tambahan (PMT) bagi Balita yang berada di daerah tersebut. Ibu Dian dari Ds. Seduri, Kec. Mojosari. Kab. Mojokerto “Alhamdulillah, tadinya mau ke Puskesmas, tapi lihat ada pengobatan PGN jadinya berobat di Baksos, sering-sering aja. Apalagi putra saya dapat PMT. Matur Suwun PGN.”

Newsroom/Yuli Wulansari
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi