WASPADA PERPADUAN KOPI DAN KUE

Kedai kopi terkadang sering menawarkan kue manis atau camilan lainnya sebagai teman minum kopi. Tanpa sadar makanan tersebut menambah asupan kalori dalam tubuh.

Kedai kopi memang kerap menjual paket kopi dan kue. Membuat pembeli kopi merasa terdorong mencicipi pula sepotong kue.

Ahli gizi Dr Alison Tedstone mengatakan makanan ringan seperti muffin dan croissant, dapat menambahkan 400 kalori tambahan. Semua dorongan kecil tersebut mempengaruhi pelanggan membeli sedikit lebih banyak setiap waktu.

“Kedai kopi telah berkomitmen secara terbuka mengurangi gula dan sekarang saatnya bagi semua orang untuk meningkatkan permainan mereka. Lebih banyak tindakan yang diperlukan untuk membantu mengatasi obesitas,” ujar Tedstone, seperti yang dilansir dari Independent, Selasa (18/9).

Selain itu, Tedstone menyerukan pelabelan yang lebih jelas untuk membuat orang sadar akan kandungan kalori makanan sebelum memberinya. Membeli kue atau muffin dengan kopi menambah kalori ekstra yang tersembunyi untuk diet seseorang.

Banyak kedai kopi tidak memiliki label nutrisi yang baik. “Ketika mereka bertanya ‘apakah Anda ingin muffin?’. Anda sebenarnya membeli 400 kalori tambahan,” katanya.

National Health Service (NHS) menyarankan orang dewasa mengkonsumsi tidak lebih dari 30 gram gula per hari. Makan terlalu banyak gula telah dikaitkan meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe dua, dan beberapa jenis kanker.

sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi