WASPADAI PERUBAHAN ENAM BAGIAN TUBUH INI

Tubuh bagian luar bisa jadi mengirimkan tanda-tanda tertentu terkait kondisi kesehatan kita. Biasanya, perubahan warna, bentuk atau tekstur bagian tubuh tertentu bisa menjadi pertanda dari masalah kesehatan yang harus segera ditangani.

Ada enam bagian tubuh yang bisa memberikan informasi terkait kondisi kesehatan. Berikut enam bagian tubuh tersebut, dilansir dari lamanĀ Raw Story:

  1. Kuku

Penampilan kuku dengan titik atau garis putih bisa dihubungkan dengan kekurangan mineral. Namun, sejumlah ahli kesehatan menilai hal itu hanya sebuah mitos.

“Terkadang, perubahan penampilan kuku memang mengindikasikan sebuah penyakit. Namun perubahan tersebut lebih dramatik daripada hanya sebuah titik atau garis,” kata Direktur Pusat Pengobatan Integratif Arizona, Andrew Weil.

Perubahan warna kuku secara keseluruhan menjadi putih mungkin mengindikasikan masalah kesehatan. Antara lain adalah sirosis, gagal ginjal kronis, dan gagal jantung kongestif.

  1. Rambut

Rambut yang sering rontok, rapuh, dan kering mungkin menjadi tanda gangguan tiroid. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif akan mempengaruhi rambut. Namun, hilangnya rambut di bagian luar alis mata secara khusus dapat menjadi indikator tiroid yang kurang aktif.

  1. Dada

Perubahan tiba-tiba pada ada seperti adanya pembesaran atau benjolan yang tumbuh tidak boleh diabaikan. Perhatikan kemungkinan terjadinya infeksi atau kanker.

  1. Mata

Pandangan yang tiba-tiba tidak jelas bisa menjadi gejala retinopati diabetik, yaitu diabetes yang menyebabkan kerusakan pada retina. Tingkat gula darah yang yang berlebih bisa merusak pembuluh darah yang terhubung pada retina, bahkan selama sebelum diabetes.

Sementara itu pada orang yang beruisa di bawah 50 tahun, apabila terdapat lingkaran putih atau abu-abu terang pada mata bisa menjadi tanda kolestrol tinggi.

  1. Lidah

Lidah manusia bisa memberikan banyak tanda terkait gangguan kesehatan. “Setiap perubahan warna, gumpalan, luka atau rasa sakit harus dipantau dan dievaluasi oleh dokter jika tidak juga hilang dalam waktu dua minggu,” kata dokter dari Klinik Cleveland, Daniel Allan.

Dalam keadaan normal, lidah berwarna pink dan ditutupi dengan benjolan kecil bernama papila. Lidah yang terlalu mulus bisa menjadi tanda adanya kekurangan nutrisi dalam tubuh. Allan menjelaskan hal ini seringkali terlihat pada perokok yang potensial menderita leukoplakia, atau gangguan pada mulut. Allan mengimbau apabila terdapt tanda tersebut, segeralah datang ke dokter untuk diperiksa.

  1. Kaki

Kakidan pergelangan kaki yang bengkak dapat mengindikasikan beberapa hal, seperti perubahan hormon atau konsumsi garam yang berlebihan. Pada kasus yang lebih serius, hal ini juga bisa mengindikasikan gagal jantung kongestif karena organ tubuh tidak mampu memompa darah yang cukup.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi