WATER WELL UNTUK WARGA MERAPI

YOGYAKARTA. Rumah Zakat Cabang Yogyakarta membangun Water Well di Shleter As Sakinah Mandiri, Kalasan, Sleman Yogyakarta, Selasa (14/12). Setelah bantuan sarana air bersi untuk dikonsumsi yang bekerjasama dengan Unilever, Rumah Zakat membangun MCK untuk 20 keluarga di Dusun Ngancar, Umbulharjo Cangkringan yang tinggal di shelter tersebut.

Sarana Water Well ini diwujudkan dalam 2 kamar mandi, 1 toilet, dan tempat mencuci baju. “Saat pembuatan hunian sementara, yang menjadi prioritas adalah tempat berteduh. MCK bisa di rumah warga atau masjid sekitar,” ujar kordinator pengungsi, Ngatemin. Dalam perkembangannya, kegiatan MCK yang masih menumpang di tempat warga tersebut menimbulkan rasa ewuh (tidak enak hati –red) bagi pengungsi. “Ndak enak dengan warga di sini. WC mereka jadi penuh,” tambah Ngatemin.

Dengan pembangunan sarana Water Well tersebut, kesehatan lingkungan hunian sementara bisa terjaga meski didirikan di areal persawahan. “Kami sebisa mungkin tidak menambah beban pengungsi dengan penyakit-penyakit yang ditimbulkan dari lingkunga yang tidak sehat, salah satunya dengan membangun Water Well,” ujar Didik Agus, Member Relationship Officer Rumah Zakat Cabang Yogyakarta.
Newsroom/Muhammad Zahron
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi