AGAR TANGAN TIDAK SAKIT KARENA MENGETIK

Pekerjaan yang menuntutmu untuk duduk dan mengetik setiap hari di depan komputer bisa berpengaruh buruk untuk tubuh secara keseluruhan dan juga otot tangan, terutama telapak dan pergelangan. Seringkali orang mengalami sindrom carpal tunnel karena sering mengetik.

Kamu mungkin mengabaikan rasa nyeri yang timbul di pergelangan dan telapak tangan, tapi jangan diremehkan, karena sindrom carpal tunnel bisa membuat tanganmu tak bisa digerakkan dan difungsikan secara normal. Untuk itu butuh olahraga khusus agar kamu tidak mengalaminya. Beberapa dokter menyarankan agar melakukan olahraga ringan ini, diantaranya :

  1. Membuka Telapak Tangan Lurus

Tujuannya adalah membuat otot tendon rileks setelah digunakan jangka waktu lama. Tekanan pada tendon bisa menyebabkan nyeri, jadi latih tangan untuk sesekali tegak lurus sambil memijatnya pelan.

  1. Melipat Jari

Langkah kedua adalah melipat jari hingga pangkal jari, lakukan gerakan membuka dan melipat jari beberapa kali. Cara ini berfungsi memberi peregangan pada otot bagian jari. Tahan posisi ini 2-3 detik, dan luruskan lagi. Ulangi beberapa kali.

  1. Mengepalkan Tangan

Dari telapak tangan terbuka lurus, lipat jari dan genggam erat. Latihan ini membantu meregangkan otot keseluruhan di area telapak tangan. Sesekali putar pergelangan tangan saat mengepalkan tangan. Seharusnya cara ini tidak menyakitkan jika kamu baik-baik saja.

  1. Menekuk Jari 90 Derajat

Buat jari hingga 90 derajat lurus. Tahan 2-3 detik dan lakukan beberapa kali. Tarikan otot di area punggung tangan akan membantu melancarkan peredaran darah. Sesekali pijat juga bagian bawah telapak tangan.

  1. Lipat Jari Hingga Pangkal Telapak Tangan

Tahan posisi ini 2-3 detik dan kembali buka telapak tangan. Lakukan beberapa kali untuk melatih tendon telapak tangan dan melemaskan sendi di area jari. Itu dia beberapa latihan sederhana dan gampang dilakukan agar kamu tidak mengalami sindrom carpal tunnel yang menyakitkan saat bekerja terus-terusan mengetik di depan komputer.

 

 

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi