5 TANDA KELELAHAN BEKERJA

Bagi sebagian pekerja, stres adalah hal wajar yang kerap dirasakan di tengah tekanan pekerjaan. Namun, psikolog Sherry Benton yang sudah 25 tahun berpengalaman dalam menangani kesehatan mental mengatakan ada bahaya tersembunyi yang tersimpan.

Pendiri terapi daring TAO Connect itu mengatakan bahwa kelelahan bekerja bisa menjadi level tertentu dari gangguan jiwa. Hal tersebut sering tidak terdiagnosis dan menurut Benton bisa disimak dari sederet tanda-tanda berikut, dikutip dari laman Daily Mail.

Insomnia

Insomnia dan pola tidur yang terganggu merupakan sebagian tanda kelelahan kerja menurut Benton. Padahal, bekerja seharusnya membuat seseorang merasa lebih bersemangat karena karya dan apa yang dilakukannya dihargai.

Merasa sendiri

Manajemen yang buruk atau kurangnya staf pendukung dapat membuat beban kerja seseorang berlebihan dan merasa kelelahan. Para pecandu kerja ini pun lebih berisiko terhadap risiko gangguan mental maupun fisik dalam jangka panjang.

Tak ada kebanggaan

Merasa terpaksa dan tidak bangga dengan apa yang dijalani bisa juga menjadi tanda kelelahan kerja. Menurut Benton, penyebabnya adalah pilihan karier yang kurang sesuai dengan minat atau keinginan sang karyawan.

Perfeksionis

Berusaha selalu menjadi yang sempurna justru bisa mengarah pada kelelahan kerja dan frustrasi. Benton menyarankan untuk tidak bersikap demikian sepanjang waktu karena dapat membuat konsentrasi kacau, sulit fokus, dan memori terganggu.

Tak ada jeda

Mengambil jeda dengan menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman di luar pekerjaan adalah hal penting untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja. Seseorang perlu memiliki banyak sumber kebahagiaan serupa seperti hobi dan komunitas untuk menghindarkan kelelahan kerja.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi