5 TUJUAN DALAM PERNIKAHAN

Konsultan dan Pembina Griya Keluarga Sakinah Solo, Ustad Tri Asmara Kurniawan mengatakan, seorang laki-laki dan perempuan menikah tujuan dasarnya adalah mencari ridha Allah.

“Persoalan mendasar membangun keluarga sakinah mawadah wa rohmah adalah memilih calon yang sesuai, melihat siapa yang pantas untuk menjadi pasangan kita,” katanya dalam Tabligh Akbar Keluarga Samara yang diselenggarakan oleh Komunitas Keluarga Sakinah Semarang (Kasmaran) di Masjid Diponegoro Tembalang, Jumat (15/12/2017).

Dia menjelaskan tujuan-tujuan pernikahan, yang pertama adalah memiliki anak yang sholeh. “Inilah yang sebenarnya menjadi inti dari syariat menikah. Regenerasi, harus beradab, bermartabat, dan direncanakan,” katanya.

Kedua, penjagaan mata dan kemaluan karena apa yang kita inginkan berasal dari penglihatan. “Kalau tidak punya rencana, jangan coba-coba melihat. Tiba-tiba nanti timbul hasrat dan jika tidak bisa mnenjaga mata, akan menderita dari pandangan itu,” katanya.

Tujuan pernikahan yang ketiga, lanjut Ustad Tri, adalah berbagi peran karena laki-laki tidak sama dengan perempuan. Laki-laki tidak punya yang dimiliki perempuan dan sebaliknya. Dia mengatakan, Islam menciptakan laki-laki dan perempuan saling membutuhkan.
“Yang keempat yakni proses pendewasan. Masalah-masalah mengumpul dalam kehidupan pernikahan, bagaimana menyikapi itulah yang menjadikan kita dewasa. Masalah banyak, ilmunya juga harus banyak,” katanya.

Terakhir, kata Ustad Tri, kenyamanan batin. “Ada hari bahagia, sedih, punya utang, sehat, sakit, dan lain-lain. Kalau nyaman, anda tidak akan panik,” katanya.

Sumber: www.harianamanah.com

 

Tags :
Konfirmasi Donasi