6 MANFAAT MINYAK ZAITUN

minyak-zaitun-_160229100415-267Minyak zaitun merupakan minyak yang paling dicari di pasaran saat ini. Minyak ini diakui memiliki banyak manfaat karena bisa diaplikasikan dengan berbagai cara. Mulai dari sebagai pelumas untuk mencukur, membersihkan tangan juga untuk menggosok furnitur. Selain itu masih banyak manfaat lain dari minyak zaitun yang perlu Anda ketahui. Apa saja, ya?

Mengurangi risiko diabetes
Seperti dilansir dari laman Life Hack, minyak zaitun efektif melindungi Anda dari diabetes. Menurut Harvard School of Public Health, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh jamak yang sehat dalam minyak zaitun mampu mengurangi risiko diabetes hingga 50 persen.

Peradangan kronis dipercaya menjadi akar. Mengonsumsi minyak zaitun yang merupakan agen anti peradangan yang luar biasa sangat membantu. Zat seperti oleic acid dan oleocanthal yang terdapat di dalam minyak zaitun dapat mengurangi ekspresi gen dan protein yang menengahi perdagangan.

Menyelamatkan Anda dari stroke

Sebuah studi dari University of Bordeaux mengumpulkan data dari tiga grup subyek usia di atas 65 tahun dan secara mengejutkan ditemukan bahwa orang tua yang menggunakan minyak zaitun untuk memasak dan saus salad lebih sering memiliki risiko 41 persen lebih rendah menderita stroke. Para peneliti percaya bahwa minyak zaitun efektif dalam peleburan gumpalan darah yang tidak dinginkan dalam pembuluh darah, sebuah kunci yang menyebabkan stroke.

Menjaga jantung Anda tetap muda
Kita semua mengetahui bahwa fungsi jantung kita dan pembuluh darah arteri menurun seiring bertambahnya usia. Ini nampaknya tak dapat dihindarkan bahwa kita mungkin menderita penyakit jantung ketika usia mulai renta. Jangan pesimis dulu. Sebuah studi di Spanyol yang publikasikan di British Medical Journal menemukan bahwa minyak zaitun membantu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dari kolesterol jahat yang merusak. Jika Anda ingin menjaga jantung tetap sehat, Anda harus menyediakan minyak zaitun.

Menguatkan tulang
Sebuah studi yang dilakukan Madrid University menemukan bahwa yang terbiasa mengonsumsi pola makan Mediterrania yang kaya akan minyak zaitu memiliki tulang yang lebih kuat. Penelitian ini menemukan bahwa darah mereka memiliki osteocalcin lebih banyak, sebuah protein penting yang berkontribusi untuk formasi tulang sehat.

Melindungi Anda dari depresi

Biasanya kita mengaitkan pola makan dengan kesehatan fisik bukan kesehatan jiwa. Tapi sebuah studi di Spanyol menemukan bahwa mengonsumsi dalam jumlah banyak lemak menentukan kemungkinan bahwa kita menderita penyakit kejiawaan. Studi tersebut mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi lemak trans sering memiliki 48 persen lebih tinggi menjadi mudah terkena depresi. Peneliti menyarankan bahwa minyak zaitun dapat memicu kadar serotonin lebih tinggi, sebuah zat kimia otak yang disajikan sebagai sebuah antidepresi. Jadi mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah banyak dapat melindungi kita dari depresi.

Membantu mencegah kanker kulit
Meskipun menggunakan tabir surya dipercaya mampu melindungi kita dari bahaya sinar UV, sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi minyak zaitun bisa mengurangi risiko melanoma yang berbahaya, yang merupakan kanker kulit yang paling mematikan.

Hasil penelitian menyoroti negara Mediterrania menderita kanker kulit dari pada orang Australia. Pola makan Mediterania dengan frekuensi penggunaan minyak zaitun adalah temuan kunci perbedaan signifikan ini. Zat seperti oleic acid dan vitamin E dalam minyak zaitu sangat kuat melawan oksidasi yang disebabkan karena sinar matahari yang kuat, minyak zaitun mampu melindungi kulit kita.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi