7 MANFAAT BERSYUKUR BAGI KESEHATAN

Mendapatkan sesuatu yang baik tentu dapat membuat seseorang merasa sangat bersyukur. Namun ternyata peneliti menyataan bahwa memiliki kebiasaan bersyukur dapat membantu kesehatan fisik maupun mental. Dilansir dari laman TIME, berikut tujuh manfaat bersyukur.

1. Bersyukur dapat membuat seseorang lebih sabar
Peneliti dari Universitas Northeastern, Boston, Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang merasa bersyukur meski dengan hal kecil lebih sabar dan lebih baik dalam menentukan pilihan. Ketika 105 mahasiswa ditanya memilih menerima uang dalam jumlah sedikit dalam waktu yang cepat atau uang dalam jumlah banyak dalam banyak dikemudian hari. Pada eksperimen ini, mahasiswa yang bersyukur lebih mampu bertahan untuk memilih pilihan kedua.

2. Bersyukur dapat memperbaiki hubungan
Berdasarkan studi dari jurnal Psikologi Sosial Teorotikal, merasa bersyukur dengan pasangan sendiri dapat memperbaiki hubungan, termasuk merasa terhubung dan kepuasan dengan pasangan secara keseluruhan.

3. Bersyukur memperbaiki kepedulian diri
Studi yang diterbitkan dalam jurnal “Personality and Individual Differences”, para peneliti menemukan korelasi positif antara rasa syukur dan kebiasaan keseharian mereka. Hasilnya adalah memiliki rasa syukur yang tinggi membantu orang menghargai dan merawat tubuh mereka.

4. Bersyukur dapat membantu tidur
“Hitung rasa syukur, bukan domba,” kata Seppala. Penelitian dari jurnal Psychosomatic Research menemukan bahwa merasa bersyukur dapat membantu orang tidur lebih baik dan panjang. Seppala menyatakan bahwa menulis daftar harian hal yang membuat bersyukur sebelum tidur dapat menambah piliran positif sebelum tidur.

5. Bersyukur dapat menghentikan makan secara berlebihan
Thompson mengatakan bahwa menumbuhkan rasa syukur dapat meningkatkan kontrol impuls, hal tersebut dapat membantu memperlambat dalam membuat keputusan yang lebih baik. Thompson memberikan saran untuk mencatat daftar kecil mengenai hal kecil yang sudah disyukuri. Hal ini dapat membersihkan pikiran dan membuat seseorang dapat menahan godaan.

6. Bersyukur dapat meringankan depresi
Thompson mengatakan bahwa penelitiannya menunjukan bahwa orang-orang yang melakukan kegiatan “Tiga Hal Baik” yakni mendorong seseorang untuk memikirkan tiga hal baik yang terjadi di hari itu, memiliki tingkat depresi yang cukup tinggi. Meski merasa bahagia, namun kebahagiaan tersebut hanya bertahan beberapa minggu. “Jika ada orang yang menemukan dan mematenkan obat itu, dia akan menjadi kaya,” lanjut Thompson. “Bersyukur memiliki kekuatan yang sangat besar.”

7. Bersyukur dapat memberikan kebahagiaan
Banyak hal yang dapat membawa kebahagiaan seperti diberi sepotong cokelat oleh teman atau mendapat pujian. Hal tersebut merupakan kepuasan instan yang cepat hilang. Seppala menjelaskan bahwa orang bisa mendapatkan lebih dari itu. “Rasa syukur adalah sesuatu yang mengarah pada bentuk kebahagiaan yang berkelanjutan. Karena ini bukan didasari oleh kepuasan sesaat, namun menjadi kerangka pikiran,” tutupnya.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi