APA PENYEBAB KEDUTAN DI MATA?

apa-penyebab-kedutan-di-mata-ini-jawabannyaBanyak yang bilang kalau kedutan di mata menandakan bahwa ada orang lain yang sedang membicarakan Anda di luar sana entah baik atau buruk. Lucunya, banyak versi lain yang mengartikan tentang mengapa Anda kedutan, misalnya akan dapat rejeki atau menghubungkannya dengan primbon jawa.

Namun sebenarnya, ada beberapa penyebab yang bisa dijelaskan secara medis tentang fenomena kedutan di mata, antara lain adalah karena stress, kelelahan, terlalu banyak kafein, alkohol, mata kering, alergi, ketegangan mata, dan ketidakseimbangan asupan gizi.

Kedutan ini memang biasa muncul dan hilang, namun bisa juga bertahan seharian atau bahkan berminggu-minggu. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu tahu apa yang menjadi penyebab pastinya sehingga bisa diobati dengan cara yang tepat.

Jika Anda sedang mengalami stress, entah itu karena pekerjaan atau hal lain, kedutan mungkin terjadi karena bukan hanya mental dan pikiran saja yang lelah, namun fisik juga, termasuk otot syaraf di sekitar mata. Kelelahan dan kurang tidur juga bisa menyebabkan stress yang kemudian menimbulkan kedutan.

Banyak para ahli yang percaya bahwa efek buruk kafein bukan hanya pada kesehatan jantung atau otak, tapi juga terhadap kesehatan mata dan jika asupan kafein terlalu banyak akan memicu timbulnya kedutan. Jika Anda seharian di depan komputer dan memaksa mata Anda untuk tetap bekerja, hal ini dapat menjadikan mata kering dan pada akhirnya menimbulkan kedutan.

Bentuk yang lebih serius kedutan di kelopak mata disebabkan oleh kondisi neurologis seperti blepharospasm atau hemifacial spasm, yaitu kondisi menegang otot syaraf di bagian sisi wajah yang menunjukkan gejala kedutan. Namun hal ini sangat jarang terjadi dan untuk mengetahui lebih jelas, Anda harus melalui diagnosis dokter mata.

Namun bisa saja kedutan terjadi tanpa maksud apa pun dan tidak mengindikasikan masalah kesehatan yang serius. Jadi, selama kedutan tidak berlangsung lama dan hanya terjadi sekian detik, maka Anda tidak harus pergi ke dokter mata.

Sumber: vemale.com

Tags :
Konfirmasi Donasi