BANGUN SHELTER UNTUK KORBAN GEMPA, RUMAH ZAKAT LIBATKAN WARGA SETEMPAT

LOMBOK. Salah satu program Rumah Zakat dalam masa recovery dan rehabilitasi pasca gempa Lombok adalah pembagunan hunian sementara atau shelter bagi para korban gempa. Untuk tahap pertama Rumah Zakat akan membagun 100 shelter di pos pengungsian di Dusun Menggala, Desa Pemenang, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara di atas tanah milik pemerintah setempat.

Crisis Center Rumah Zakat, Andri Murdianto menerangkan bahwa satu hunian semantara bisa diisi oleh 5 sampai 6 orang dengan luas bagunan 4,5 x 4,6 meter yang terdiri dari 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang keluarga. Dalam proses pembuatannya – lanjut AndriĀ  – masyarakat sekitar dilibatkan.

“Kami sebisa mungkin menggunakan sumber daya yang ada di sini, misalnya kami menggunakan dinding bilik yang dianyam langsung oleh warga sekitar, selain itu kita juga menggunakan tenaga warga dalam membuat shelter. Ini berdampak langsung pada pemberdayaan masyarakat dan juga menambah penghasilan warga,” papar Andri.

Nantinya di komplek shelter ini akan dibangun fasilitas umum lainnya, seperti masjid darurat, sekolah darurat, layanan kesehatan, dan MCK umum.

“Alhamdulillah shelter terbangun sesuai jadwal, nyaman untuk ditempati. Dalam membangun ini tidak sekedar fisik bangunan saja yang kita perhatikan namun juga kita pertimbangkan faktor memanusiakan manusia dan potensi pemberdayaan,” tambah Widodo, Fasilitator Rumah Zakat yang ditugaskan di Lombok.

Jika nanti masa rehabilitasi selesai dan kondisi warga sudah kembali normal serta bisa kembali ke rumah masing – masing, hunian sementara ini akan difungsikan sebagai cottage bagi para wisatawan.

“Hunian sementara ini ke depannya bisa difungsikan sebagai cottage bagi para wisatawan, ini juga bisa jadi salah satu potensi pariwisata sehingga bisa memberdayakan warga” ujar Andri.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi