BANTUAN DAN KONDISI TERKINI BANJIR BELITUNG DAN BELITUNG TIMUR

BANGKA BELITUNG. Rabu (20/07) Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur Provinsi Bangka Belitung kini mulai surut. Sementara ini dari 6 kecamatan terdampak banjir kini tinggal satu kecamatan yang masih terendam.

Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Gantung Belitung Timur dengan air yang masih merendam setinggi 1 – 3 meter. Banjir menyebabkan ratusan rumah masih terendam dan hanya bisa dijangkau menggunakan perahu boat. Hingga (20/07) jumlah warga mengungsi mencapai 3884 orang.

Ratusan rumah rusak berat di Kecamatan Gantung dan puluhan rumah masih terendam di pinggiran Sungai Lenggang, Desa Lenggang dan Desa Selingsing.

Akses jalan dan jembatan juga mengalami kerusakan parah di beberapa tempat, bahkan ada yang terputus sama sakali. Diantaranya adalah jembatan air madu di Sampang Renggiang, jembatan bentaian di Manggar, jembatan air asam di Dendang, jembatan batu penyuk dan jembatan selumar di Gantung, jembatan buding dan jembatan penirokan di Kelapa Kampit.

Untuk membatu para korban yang berada di posko pengungsian maupun yang masih berada di lokasi banjir, Relawan Rumah Zakat akan mendistribusikan bantuan baik logistik, makanan maupun fasilitas kesehatan serta pendukung lainnya.

“Relawan Rumah Zakat akan memobilisasi relawan, mendirikan dapur umum dan juga membantu menyalurkan bantuan logistik diantaranya 320 Kornet Superqurban, dan kebutuhan alat-alat kesehatan serta kebersihan lainnya, ”tutur Sujay, Team Respon Rumah Zakat.

Newsroom/Kuna
Bangka Belitung

Tags :
Konfirmasi Donasi