BENARKAH OBESITAS MENULAR?

Obesitas bisa dikatakan ‘menular’ melalui hubungan sosial. Penelitian membuktikan bahwa tinggal di lingkungan dengan populasi obesitas yang tinggi dapat meningkatkan risiko obesitas pada orang dewasa maupun anak-anak.

Hal ini terungkap melalui sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 1.500 keluarga tentara AS. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui alasan mengapa tingkat obesitas di Amerika Serikat cenderung dikelompokkan berdasarkan area geografis.

Peneliti Ashlesha Datar mengatakan tinggal di tengah orang-orang obesitas dapat mempengaruhi penerimaan sosial terkait kebiasaan makan dan olahraga. Lingkungan seperti ini juga turut mempengaruhi penerimaan sosial masyarakat terkait ukuran tubuh. Fenomena ini dikenal dengan nama penularan sosial.

“Jika semakin banyak orang di sekitar Anda yang obesitas, maka kemungkinan Anda jadi obesitas juga meningkat,” jelas Datar seperti dilansir WebMD.

Dalam studi ini, tim peneliti melihat datai dari sekitar 1.300 orang tua dan 1.100 anak pada 2013-2014. Keluarga ini tinggal di dekat 38 instalasi militer yang tersebar di seluruh Amerika Serikat. Di samping itu, tim peneliti juga mengecek secara langsung massa indeks tubuh tiap anggota keluarga.

Tim peneliti juga melihat dan menganalisa lingkungan tempat tinggal para keluarga. Beberapa hal yang diperhatikan adalah jumlah toko grosir atau swalayan, tempat olahraga serta fasilitas rekreasi. Selain itu, mereka juga menghitung rasio obesitas di tiap lingkungan tempat tinggal.

Hasil studi menunjukkan bahwa keluarga tentara yang tinggal di instalasi dengan rasio obesitas lebih tinggi lebih rentan menjadi kegemukan atau obesitas. Sebaliknya, keluarga tentara yang tinggal di instalasi dengan rasio obesitas rendah memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menjadi obesitas.

Meski menemukan adanya hubungan lingkungan dan obesitas, Datar mengatakan penelitian yang dimuat dalam Journal of the American Medical Association ini tidak memberikan penjelasan sebab-akibat. Sehingga, lingkungan tidak bisa dikatakan secara pasti mempengaruhi kemungkinan obesitas.

Sumber : republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi