CARA MENAMBAH BERAT BADAN SECARA SEHAT

Weighing Oneself on the Bathroom ScaleBagi sebagian orang, menambah berat badan adaah hal yang sulit dilakukan. Tubuh yang terlalu kurus juga tidak selamanya baik, karena membuat kita nampak seperti orang habis sakit dan sulit mendapatkan ukuran baju yag pas di tubuh kita. Oleh karena itu, upaya menambah berat badan supaya ideal selalu dilakukan untuk membuat tubuh lebih segar dan bugar.

Namun, banyak orang yang menggemukkan badan dengan cara yang tidak sehat, yakni dengan makan serampangan dan tidak terkontrol. Padahal, ini membahayakan kesehatan. Mereka beranggapan bahwa dengan memakan semua makanan (apalagi makanan berlemak dan junk food), akan mempercepat proses penambahan berat badan. Pendapat ini tidak benar, karena asupan lemak jenuh dapat mengancam kesehatan karena menaikkan kadar kolesterol dalam darah.

Memakan makanan yang bernutrisi seimbang dan sehat dapat membuat badan menjadi gemuk tanpa efek samping seperti menambah jumlah kadar kolesterol dan lemak berlebih. Berikut ini ada 4 cara supaya berat badan bertambah secara sehat.

1. Asupan Gizi Seimbang
Usahakan untuk memenuhi asupan gizi seimbang dalam pola makan Anda. menambah berat badan bukan berarti menambah konsumsi lemak dan junk food, karena keduanya justru akan mengganggu metabolisme penyerapan nutrisi dalam makanan sehingga tubuh malah tidak bertambah gemuk.

Perbanyak karbohidrat seperti kentang dan roti gandum, agar berat badan Anda naik secara signifikan. Memakan daging merah dan telur juga dapat membantu kenaikan berat badan karena kandungan proteinnya diperlukan untuk membangun tubuh.

2. Makan Buah-buahan
Memakan buah-buahan, tertuama bah-buahan tropis seperti pisang, pepaya, mangga, alpukat, dan durian dapat membuat badan Anda gemuk dn sehat. Kandungan gizi pada buah-buahan tersebut dapat membantu mencukupi kebutuhan energi dengan tepat. Tenang, selama ini tidak ada ornag yang berbah menjadi terlalu gemuk akibat makan buah-buahan. Justru buah-buahan sangat dianjurkan untuk banyak dikosumsi dalam menu makanan sehari-hari.

3. Minum Susu dan Konsumsi Olahan Susu
Susu mengandung protein yang dapat menambah berat badan Anda. Rajin meminum susu sebelum tidur dapat meningkatkan berat badan Anda secara sehat. Memakan olahan susu seperti keju, yoghurt, eskrim dan lain-lain juga bisa menjadi pilihan saat Anda ingin meniakkan berat badan.

4. Istirahat dan Olahraga Teratur
Salah satu penyebab tubuh menjadi kurus adalah terlalu banyak pikiran. Beban kerja dan tugas sekolah/kuliah juga dapat menjadi pemicu kurang maksimalnya penyerapan nutrisi untuk badan. Bahan makanan habis untuk menyuplai energi yang dibutuhkan tubuh, sehingga tubuh menjadi kurus. Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan istirahat sehingga otak Anda tak terlalu stres. Imbangi dengan olahraga, supaya metabolisme tubuh menjadi lancar dan Anda dapat memiliki berat badan yang ideal.

Dengan mengikuti keempat saran di atas, insya Allah berat badan akan naik tanpa mengorbankan kesehatan tubuh Anda. Selamat mencoba!

Sumber: fimadani.com

Tags :
Konfirmasi Donasi